PERILAKU KONSUMTIF DAN PENANGANANNYA (STUDI KASUS PADA DUA ORANG SISWA SMA NEGERI 3 MAROS)

RACHMAT KURNIAWAN (2022) PERILAKU KONSUMTIF DAN PENANGANANNYA (STUDI KASUS PADA DUA ORANG SISWA SMA NEGERI 3 MAROS).

[img] Text
JURNAL RACHMAT KURNIAWAN - 1444040029.pdf

Download (391kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu perilaku konsumtif pada siswa. Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui perilaku konsumtif siswa 2) Faktor-faktor yang menyebabkan siswa berperilaku konsumtif 3) Upaya penanganan perilaku konsumtif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode case study. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI sebanyak 2 orang yang terdidentifikasi memiliki perilaku konsumtif. Pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara dan pedoman observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perilaku konsumtif yang dilakukan oleh SY adalah selalu mengenakan pakaian yang bermerek, berbelanja atau shopping, selalu nongkrong di café dan bergaul hanya dengan kalangan yang setara dengan tingkatan sosial ekonominya. Adapun pada subjek RM, perilaku konsumtif ditunjukkan dengan hidup berfoya-foya. cenderung memilih barang-barang yang branded, ikut-ikutan berbelanja di toko pakaian atau distro terkenal dan bergaul hanya pada teman-teman yang sesuai dengan kepentingannya saja. 2) Faktor yang memengaruhi perilaku konsumtif SY dan RM terbagi menjadi dua faktor yaitu faktor intenal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu faktor yang berasal dari dalam diri siswa seperti ingin diakui oleh lingkungan sekitarnya, proses aktualisasi diri, eksistensi diri dan persepsi terhadap perilaku konsumtif. Sedangkan faktor eksternal berasal dari luar diri individu yang terdiri dari kurangnya kepedualian keluarga, aturan-aturan yang mengikat dari kelompok referensi dan lingkungan pergaulan. 3) Penanganan perilaku konsumtif terhadap kasus menggunakan restrukturisasi kognitif menunjukkan adanya perubahan perilaku pada kedua subjek. Pada aspek kognitif ditandai dengan timbulnya kesadaran pada cara pandang subjek jika konsumtif dapat membuat subjek tidak produktif. Pada aspek afektif, subjek mulai memahami makna kehidupan dengan mengurangi aktivitas berbelanja barang-barang yang kurang diperlukan. Sedangkan pada aspek perilaku, perubahan perilaku subjek dengan mulai mengurangi aktivitas belanjanya. Kata Kunci: Perilaku Konsumtif, Pikiran Rasional, Pikiran irrasional, Restrukturisasi Kognitif.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Nov 2022 03:30
Last Modified: 03 Nov 2022 03:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25279

Actions (login required)

View Item View Item