PERILAKU CYBER PLAGIARISME AKADEMIK DAN PENANGANANNYA (STUDI KASUS PADA 2 ORANG SISWA DI SMA NEGERI 2 JENEPONTO)

NURUL HIKMAH (2022) PERILAKU CYBER PLAGIARISME AKADEMIK DAN PENANGANANNYA (STUDI KASUS PADA 2 ORANG SISWA DI SMA NEGERI 2 JENEPONTO).

[img] Text
Jurnal Nurul Hikmah (1444042028) Pdf.1.pdf

Download (212kB)

Abstract

Tujuan untuk mengetahui 1) Gambaran perilaku cyber plagiarisme pada siswa BD dan KP 2) Faktor�faktor yang menyebabkan perilaku cyber plagiarisme pada siswa BD dan KP 3) Upaya penanganan perilaku cyber plagiarisme dengan menggunakan teknik reframing pada siswa BD dan KP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode case study. Subjek penelitian ini adalah dua orang siswa yang terdidentifikasi melakukan cyberplagiarisme. Pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Cyberplagiarisme yang dilakukan oleh kedua subjek berupa menyalin tugas dari internet tanpa mencantumkan sumber referensi dari tugas yang di salin tersebut, menyalin tugas kepunyaan teman secara keseluruhan, menggunakan tugas orang lain dan mengklaim tugas tersebut sebagai miliknya dengan cara mengganti identitas dari pemilik tugas tersebut dengan dirinya, menjiplak tugas orang lain dan mengakui bahwa tugas tersebut di buat sendiri. 2) Faktor yang memengaruhi kedua subjek melakukan cyberplagiarisme adalah kurangnya pemahaman mengenai cyber plagiarism, akses informasi yang lebih mudah khususnya yang ada di internet, adanya tuntutan dari dalam diri untuk mendapatkan nilai yang lebih baik, kurang percaya diri pada kemampuan sendiri khususnya kemampuan menulis, mengerjakan tugas terburu-buru dan di bawah tekanan, kurangnya kesadaran bahwa sekalipun seseorang memberikan karya orisinilnya tetap tidak diperkenankan menyalin karya tersebut tanpa mencantumkan sumber referensinya, sikap malas dan motivasi belajar yang rendah, merasa tidak memiliki potensi dalam menulis. 3) Penanganan perilaku cyberplagiarisme pada konseli dilakukan dengan menggunakan teknik reframing Setelah intervensi diberikan, terjadi perubahan pikiran konseli dari irrasional ke rasional dimana siswa telah mencantukan referensi-refernsi pada saat mengambil data di internet Kata Kunci: Cyberplagiarisme, Reframing

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Nov 2022 03:10
Last Modified: 03 Nov 2022 03:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25271

Actions (login required)

View Item View Item