AGUSSALIM (2022) PENERAPAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DI SMA NEGERI 26 BONE.
Text
JURNAL AGUSSALIM-1644042020.pdf Download (162kB) |
Abstract
AGUSSALIM, 2021. Penerapan teknik self management untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa di SMA Negeri 26 Bone. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Abdul Saman, M.Si., Kons dan Prof. Dr. Syamsul Bachri Thalib, M.Si; Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini Penelitian ini menelaah Penerapan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Di SMA Negeri 26 Bone. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran perilaku prokrastinasi akademik di SMA Negeri 26 Bone? (2) Bagaimana gambaran pelaksanaan Self Management untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik di SMA Negeri 26 Bone? (3) Apakah teknik Self Management mampu mengurangi perilaku prokrastinasi akademik di SMA Negeri 26 Bone?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui gambaran perilaku prokrastinasi akademik di SMA Negeri 26 Bone. (2) Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan Self Management untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik di SMA Negeri 26 Bone. (3) Untuk mengetahui apakah teknik Self Management mampu mengurangi perilaku prokrastinasi akademik di SMA Negeri 26 Bone. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Single Subject Research (SSR) dan menggunakan desain A-B-A. Subjek penelitian ini adalah dua orang siswa kelas XI IIS 2 SMA Negeri 26 Bone yang mengalami prokrastinasi akademik rendah. Analisis data yang digunakan dengan menggunakan instrument observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat perilaku prokrastinasi akademik sebelum diberikan perlakuan berupa penerapan teknik self management berada pada kategori tinggi (2) Pelaksanaan teknik self management untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa SMA Negeri 26 Bone dilaksanakan sebanyak 4 tahap dalam 11 kali pertemuan, meliputi tahap pertama yaitu pemantauan diri (self monitoring), tahap kedua kontrak atau perjanjian dengan diri sendiri ( self contracting), tahap ketiga penguasaan terhadap rangsangan ( self control ), tahap keempat pemberian reward ketika perubahan tingkah laku menetap. (3) Penerapan self management dapat mengurangi prokrastinasi akademik siswa. Kata kunci: Teknik self management, Prokrastinasi Akademik
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 03 Nov 2022 02:51 |
Last Modified: | 03 Nov 2022 02:51 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25269 |
Actions (login required)
View Item |