PENERAPAN TEKNIK KONSELING KELOMPOK DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DALAM MENGERJAKAN TUGAS SISWA BELAJAR DI SMPN 1 KELARA

Andi Sriwangi B (2022) PENERAPAN TEKNIK KONSELING KELOMPOK DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DALAM MENGERJAKAN TUGAS SISWA BELAJAR DI SMPN 1 KELARA.

[img] Text
JURNAL ANDI SRIWANGI B BK FIP UNM.pdf

Download (189kB)

Abstract

Andi Sriwangi B, 2021. Penerapan Teknik Konseling kelompok Dalam Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan efikasi diri dalam mengerjakan tugas belajar Siswa di SMPN 1 Kelara Penelitian ini menelaah efektivitas teknik konseling naratif untuk meningkatkan efikasi diri dalam mengerjakan tugas akademik siswa di SMPN 1 Kelara. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran efikasi diri siswa di SMPN 1 Kelara ? (2) Bagaimana gambaran pelaksanaan penerapan teknik konseling naratif untuk meningkatkan efikasi diri dalam mengerjakan tugas akademik siswa di SMPN 1 Kelara ? (3) Apakah teknik konseling naratif dapat meningkatkan efikasi diri dalam mengerjakan tugas akademik siswa di SMPN 1 Kelara ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Eksperimental dengan model Quasi Experimental Design. Desain Eksperimen yang digunakan adalah Pretest Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa tingkatan kelas VIII SMPN 1 Kelara sebanyak 44 siswa dan sampel penelitian sebesar 12 siswa yang terbagi menjadi kelompok kontrol dan eksperimen yang masing-masing berjumlah 6 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Skala perilaku agresif dan Observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Jadi hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Selama pelaksanaan teknik konseling naratif siswa menunjukkan tingkat partisipasi yang sangat tinggi dan tinggi, (2) Tingkat efikasi diri siswa sebelum diberikan teknik konseling naratif berada pada kategori rendah, (3) Penerapan teknik konseling naratif dapat meningkatkan efikasi diri siswa dalam mengerjakan tugas akademik siswa di SMPN 1 Kelara. Kata kunci : konseling naratif, efikasi diri

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:43
Last Modified: 03 Nov 2022 02:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25266

Actions (login required)

View Item View Item