Pengembangan Media Video Knowledge Virtual Career (KVC ) sebagai Layanan Informasi Karier bagi Siswa Kelas IX SMPN 26 Makassar

Ainun Khaerani Achmad (2022) Pengembangan Media Video Knowledge Virtual Career (KVC ) sebagai Layanan Informasi Karier bagi Siswa Kelas IX SMPN 26 Makassar.

[img] Text
JURNAL-AINUN KHAERANI ACHMAD-1744040002.pdf

Download (689kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Gambaran kebutuhan layanan informasi karier siswa kelas IX SMPN 26 Makassar, (2) Prototipe media video video Knowledge Virtual Career (KVC) sebagai layanan informasi karier bagi siswa kelas IX SMPN 26 Makassar, (3) Tingkat validitas dan kepraktisan media video Knowledge Virtual Career (KVC) untuk diterapkan pada siswa kelas IX SMPN 26 Makassar. Penelitian ini menggnakan metode Research and Development (RnD) dengan model pengembangan Borg & Gall yang dimodifikasi oleh peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis isi terhadap data kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Gambaran kebutuhan layanan informasi karier di SMPN 26 Makassar, menunjukkan bahwa sangat dibutuhkan media video Knowledge Virtual Career (KVC) sebagai layanan informasi karier bagi siswa kelas IX SMPN 26 Makassar, (2) Prototipe media video Knowledge Virtual Career (KVC) sebagai layanan informasi karier bagi siswa kelas IX SMPN 26 Makassar terdiri dari sebelas bagian tampilan, (3) Tingkat validitas dan kepraktisan video Knowledge Virtual Career (KVC) menunjukkan hasil sangat valid dan memiliki tingkat kepraktisan yang sangat tinggi, sehingga sangat layak untuk digunakan sebagai media layanan informasi karier bagi siswa kelas IX SMPN 26 Makassar. Kata Kunci: Media Video, Knowledge Virtual Career (KVC), Layanan Informasi karier

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:39
Last Modified: 03 Nov 2022 02:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25264

Actions (login required)

View Item View Item