PENERAPAN TEKNIK SELF-REGULATED LEARNING UNTUK MENGURANGI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DI MAN WAJO

RIFKA WARDANI (2022) PENERAPAN TEKNIK SELF-REGULATED LEARNING UNTUK MENGURANGI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DI MAN WAJO.

[img] Text
JURNAL RIFKA WARDANI-1644040020.pdf

Download (191kB)
[img] Text
SKRIPSI RIFKA WARDANI-1644010020.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini menelaah efektivitas Teknik Self-Regulated Learning untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa di MAN Wajo. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran tingkat prokrastinasi akademik siswa subjek RF dan AR di MAN Wajo? (2) Bagaimana gambaran pelaksanaan teknik self-regulated learning untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa subjek RF dan AR di MAN Wajo? (3) Apakah teknik self-regulated learning dapat mengurangi prokrastinasi akademik siswa subjek RF dan AR di MAN Wajo?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui Gambaran tingkat prokrastinasi akademik siswa subjek RF dan AR di MAN Wajo, (2) Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan teknik self-regulated learning untuk mengurangi prokrastinasi siswa subjek RF dan AR di MAN Wajo, (3) Untuk mengetahui teknik self-regulated learning dapat mengurangi prokrastinasi akademik siswa Subjek RF dan AR di MAN Wajo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen Single Subject Research. Subjek penelitian ini dua orang siswa dengan inisial RF dan AR. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat prokrastinasi akademik sebelum diberikan teknik self-regulated learning berada pada kategori tinggi. (2) Penerapan teknik self-regulated learning dilakukan sesuai skrenario dengan 4 kali pertemuan, adapun dari sisi kemajuan di lihat dari skor tingkat penurunan perilaku prokrastinasi siswa yang menunjukkan perilaku kecenderungan arah menurun. (3) Penerapan teknik self-regulated learning mengurangi prokrastinasi akademik siswa di Man Wajo. Kata Kuci : Teknik Self-Regulated Learning, Perilaku Prokrastinasi siswa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Nov 2022 01:58
Last Modified: 03 Nov 2022 01:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25254

Actions (login required)

View Item View Item