ENERAPAN TEKNIK STRESS INOCULATION TRAINING UNTUK MENGURANGI STRESS BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 22 MAKASSA

Nursyamsi Dewi Hardiyanti (2022) ENERAPAN TEKNIK STRESS INOCULATION TRAINING UNTUK MENGURANGI STRESS BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 22 MAKASSA.

[img] Text
Jurnal Nursyamsi Dewi Hardiyanti-1644042001.pdf

Download (275kB)

Abstract

Nursyamsi Dewi Hardiyanti, 2020. Skripsi. Penerapan Teknik stress inoculation training untuk mengurangi masalah stres belajar siswa di SMP Negeri 22 Makassar dibimbing oleh bapak Drs. Muhammad Anas Malik M.Si dan bapak Dr. Abdullah Sinring, M.Pd. Jurusan Psikokologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah tentang penerapan teknik stress inoculation training untuk mengurangi Stres Belajar siswa di SMP Negeri 22 Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Gambaran tingkat stres belajar sebelum dan setelah penerapan teknik sress inoculation training di SMP Negeri 22 Makassar ?, (2) Gambaran penerapan teknik sress inoculation training untuk mengurangi masalah stres belajar pada siswa di SMP Negeri 22 Makassar ?, (3) Apakah penerapan teknik sress inoculation training dapat mengurangi stres belajar siswa SMP 22 Negeri 22 Makassar ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui tingkat stres belajar sebelum dan setelah penerapan teknik stress inoculation training di SMP Negeri 22 Makassar, (2) Untuk mengetahui Gambaran penerapan teknik stress incoculation training untuk mengurangi stres belajar siswa SMP Negeri 22 Makassar, (3) Mengetahui Teknik stress incoculation training dapat Mengurangi Stres Belajar Di SMP Negeri 22 Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Eksperimen dengan model Pre-Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Makassar yang teridentifikasi mengalami masalah stres belajar sebanyak 48 siswa pada tahun ajaran 2020/2021. Sampel penelitian sebanyak 8 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala stres belajar dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Jadi hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat stres belajar siswa sebelum diberikan teknik stress inoculation training berada pada kategori tinggi dan setelah diberikan teknik stress inoculation training berada pada kategori rendah, (2) pelaksanaan teknik stress inoculation training terdiri dari 3 tahap yaitu, konseptualisasi, perolehan keterampilan dan latihan (copping skill), dan aplikasi dan tindak lanjut., (3) Penerapan teknik stress inoculation training dapat mengurangi stres belajar siswa di SMP Negeri 22 Makassar. Kata Kunci : Stres Belajar dan Stress Inoculation Training

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Nov 2022 01:10
Last Modified: 03 Nov 2022 01:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25239

Actions (login required)

View Item View Item