CYBERBULLYING DI KALANGAN REMAJA DAN PENANGANANNYA ( STUDI KASUS PADA DUA SISWA DI SMK KARTIKA WIRABUANA 1 MAKASSAR )

Rahmat Alvian (2022) CYBERBULLYING DI KALANGAN REMAJA DAN PENANGANANNYA ( STUDI KASUS PADA DUA SISWA DI SMK KARTIKA WIRABUANA 1 MAKASSAR ).

[img] Text
Skripsi RAHMAT ALVIAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Rahmat Alvian, 2020. Cyberbullying Di Kalangan Remaja Dan Penanganannya (Studi Kasus Pada Dua Siswa Di SMK Kartika Wirabuana 1 Makassar ). Dibimbing oleh Dr. Farida Aryani, M.Pd. dan Dr. Abdullah Sinring, M.Pd. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu perilaku cyberbullying dan penanganannya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) Gambaran cyberbullying siswa SA dan SR 2) Faktor-faktor yang menjadi penyebab cyberbullying pada siswa SA dan SR 3) Upaya penanganan cyberbullying pada siswa SA dan SR. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode case study. Subjek penelitian ini adalah dua orang siswa yang terdidentifikasi memiliki perilaku cyberbullying. Pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Cyberbullying yang dilakukan oleh SA adalah mengancam teman melalui media pesan komunikasi elektronik berupa whatsapp dan facebook, mengomentari status orang lain dengan kata-kata kasar dan menghina seperti menggunakan kata-kata kotor, dan mengedit gambar atau foto teman lalu mempostingnya di media sosial untuk ditertawakan. Adapun SR melakukan cyberbullying dalam bentuk mengirimkan pesan atau gambar secara terus menerus di media sosial orang lain dengan tujuan membuat HP orang tersebut menjadi eror atau rusak, mengedit gambar atau foto teman lalu mempostingnya di media sosial facebook dan diberikan caption yang bernada menghina fisik dan warna kulit untuk ditertawakan secara bersama-sama, dan berpura-pura menjadi orang lain melalui pembuatan akun palsu yang menyembunyikan identitas dirinya dan mengomentari status orang lain menggunakan akun tersebut 2) Faktor yang memengaruhi cyberbulying pada kedua subjek yaitu faktor intenal meliputi karkateristik kepribadian, persepsi terhadap korban, dan rasa empati. Sedangkan faktor eksternal meliputi jejang kelas, usia, status sosial ekonomi dan peranan orang tua. 3) Penanganan cyberbullying pada konseli dilakukan dengan menggunakan konseli dilakukan dengan menggunakan teknik restrukturisasi kognitif menunjukkan adanya penurunan perilaku cyberbullying pada kedua subjek. Perubahan tersebut terjadi karena adanya perubahan pikiran konseli dari irrasional ke rasional Kata Kunci: Perilaku cyberbullying dan Teknik Restrukturisasi Kognitif

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Nov 2022 01:07
Last Modified: 03 Nov 2022 01:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25238

Actions (login required)

View Item View Item