PENERAPAN TEKNIK SELF TALK UNTUK MENGURANGI KECEMASAN BERBICARA DIDEPAN UMUM SISWA DI SMAN 02 CAMBA

Fitriani Ramadani (2022) PENERAPAN TEKNIK SELF TALK UNTUK MENGURANGI KECEMASAN BERBICARA DIDEPAN UMUM SISWA DI SMAN 02 CAMBA.

[img] Text
jurnal fitriiani ramadhani.pdf

Download (353kB)

Abstract

Fitriani Ramadani, 2020. Penerapan Teknik self talk Untuk Mengurangi kecemasan berbicara Siswa di SMAN 02 Camba Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Abdullah Pandang, M.Pd dan Prof. Dr. Syamsul Bachri Thalib, M.Si. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah efektivitas teknik self talk untuk mengurangi kecemasan berbicara didepan umum siswa di SMAN 02 Camba. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran kecemasan berbicara siswa didepan umum sebelum dan setelah diberikan perlakuan berupa tehnik self talk di SMAN 02 Camba (2) Bagaimana gambaran penerapan tehnik self talk terhadap kecemasan berbicara didepan umum siswa di SMAN 2 Camba. (3) Apakah tehnik self talk dapat mereduksi kecemasan berbicara di depan umum siswa SMAN 2 Camba. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) untuk mengetahui gambaran kecemasan berbicara siswa didepan umum sebelum dan setelah diberikan perlakuan berupa tehnik self talk di SMAN 02 Camba. (2) untuk mengetahui gambaran penerapan tehnik self talk terhadap kecemasan berbicara didepan umum siswa di SMAN 2 Camba. (3) untuk mengetahui apakah tehnik self talk dapat mengurangi kecemasan berbicara didepan umum siswa di SMAN 2 Camba. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Eksperimental dengan model Quasi Experimental Design. Desain Eksperimen yang digunakan adalah Pretest Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa tingkatan kelas XI SMAN Camba.sebanyak 50 siswa dan sampel penelitian sebesar 16 siswa yang terbagi menjadi kelompok control dan kelompok eksperimen yang masing-masing berjumlah 8 siswa. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala kecemasan berbicara didepan umum.tehnik analisis data menggunakan analisis statistic deskriptif dan analisis statistic inferesial. Jadi hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) selama pelaksanaan tehnik self talk siswa menunjukkan partisipasi yang sangat tinggi dan tinggi. (2) tingkat kecemasan berbicara sebelum dan sesudah diberikan tehnik self talk berada pada kategori tinggi (3) penerapan tehnik self talk dapat mengurangi kecemasan berbicara didepan umum siswa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Nov 2022 01:02
Last Modified: 03 Nov 2022 01:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25237

Actions (login required)

View Item View Item