PENERAPAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM PADA SISWADI SMK NEGERI 3 MAKASSAR

Nur Hikmah Zalzabila Salam (2022) PENERAPAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM PADA SISWADI SMK NEGERI 3 MAKASSAR.

[img] Text
NUR HIKMAH ZALZABILA SALAM-1644042007.pdf

Download (9MB)

Abstract

Nur Hikmah Zalzabila Salam, 2020. Penerapan Teknik restrukturisasi untuk meningkatkan self esteem pada siswa di SMK Negeri 3 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Sulaiman Samad, M.Si dan Dr. Abdullag Pandang, M.Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan teknik restrukturisasi kognitif untuk meningkatkan self esteem pada siswa di SMK Negeri 3 Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran self esteem pada siswa di SMK NEGERI 3 MAKASSAR?, (2) Bagaimana prosedur penerapan teknik restrukturisasi kognitif dalam meningkatkan self esteem siswa di SMK NEGERI 3 MAKASSAR?, (3) Apakah penerapan teknik restrukturisasi kognitif dapat meningkatkan self esteem siswa di SMK NEGERI 3 MAKASSAR? . Tujuan penelitian ini adalah untu mengetahui : (1) Untuk mengetahui gambaran self esteem pada siswa di SMK NEGERI 3 MAKASSAR, (2) Untuk mengetahui gambaran prosedur penerapan teknik restrukturisasi dalam meningkatkan self esteem siswa di SMK NEGERI 3 MAKASSAR, (3) Untuk mengetahui keefktifan teknik restrukturisasi dalam meningkatkan self esteem siswa di SMK NEGERI 3 MAKASSAR. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Eksperimental dengan model quasi eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMK Negeri 3 Makassar sebanyak 50 siswa pada tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian sebanyak 8 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Skala self estem dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Jadi hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan Teknik Restrukturisasi kognitif terdiri dari 6 tahap yaitu, Rasional tujuan dan tinjauan singkat prosedur, Analisis terhadap pikiran konseli, Pengenalan dan latihan coping thought (CT), Pindah dari pikiran-pikran negatif ke coping thought (CT), pengenalan dan latihan pengutan positif, dan Tugas rumah dan tindak lanjut, (2) Tingkat self esteem siswa sebelum diberikan Teknik Restrukturisasi kognitif berada pada kategori rendah, (3) Penerapan Teknik restrukturisasi kognitif dapat meningkatkan self esteem siswa di SMK Negeri 3 Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Nov 2022 08:16
Last Modified: 02 Nov 2022 08:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25224

Actions (login required)

View Item View Item