ASNITA (2022) PENERAPAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI SISWA DALAM BELAJAR DI SMPN 1 ARUNGKEKE.
Text
SKRIPSI ASNITA 1644040010 PPB FIP UNM.pdf Download (8MB) |
Abstract
Asnita, 2020. Skripsi. Penerapan Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa dalam Belajar di SMPN 1 Arungkeke. Dibimbing oleh Dr. Abdullah Pandang, M.Pd dan Prof. Dr. H. Syamsul Bachri Thalib, M.Si. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan teknik restrukturisasi kognitif untuk meningkatkan efikasi diri siswa dalam belajar di SMPN 1Arungkeke. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran tingkat efikasi diri siswa dalam belajar di SMPN 1 Arungkeke? (2)Bagaimana gambaran pelaksanaan teknik restrukturisai kognitif untuk meningkatkan efikasi diri siswa dalam belajar di SMPN 1Arungkeke? (3) Apakah teknik restrukturisasi kognitif dapat meningkatkan efikasi diri siswa dalam belajar di SMPN 1 Arungkeke?. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimental dengan model True Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Arungkeke sebanyak 38 siswa pada tahun ajaran 2020/2021. Sampel peneitian sebanyak 12 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dilakukan dengan menggunakan skala efikasi diri dalam belajar dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Jadi hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) selama pelaksanaan teknik restrukturisasi kognitif siswa menunjukkan tingkat partisipasi umumnya berada pada kategori tinggi, (2) Tingkat Efikasi diri siswa dalam belajar saat pretest untuk kedua kelompok penelitian berada pada kategori rendah, pada saat posttest tingkat efikasi diri siswa dalam belajar pada kelompok eksperimen berada pada kategori tinggi dan kelompok kontrol berada pada kategori sedang, (3) penerapan teknik restrukturisasi kogntif dapat meningkatkan secara signifikan efikasi diri siswa dalam belajar di SMPN 1 Arungkeke. Kata Kunci: Restrukturisasi Kognitif, Efikasi diri.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 02 Nov 2022 07:46 |
Last Modified: | 02 Nov 2022 07:46 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25219 |
Actions (login required)
View Item |