PENERAPAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI SISWA DALAM BELAJAR DI SMPN 1 ARUNGKEKE

ASNITA (2022) PENERAPAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI SISWA DALAM BELAJAR DI SMPN 1 ARUNGKEKE.

[img] Text
SKRIPSI ASNITA 1644040010 PPB FIP UNM.pdf

Download (8MB)

Abstract

Asnita, 2020. Skripsi. Penerapan Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa dalam Belajar di SMPN 1 Arungkeke. Dibimbing oleh Dr. Abdullah Pandang, M.Pd dan Prof. Dr. H. Syamsul Bachri Thalib, M.Si. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan teknik restrukturisasi kognitif untuk meningkatkan efikasi diri siswa dalam belajar di SMPN 1Arungkeke. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran tingkat efikasi diri siswa dalam belajar di SMPN 1 Arungkeke? (2)Bagaimana gambaran pelaksanaan teknik restrukturisai kognitif untuk meningkatkan efikasi diri siswa dalam belajar di SMPN 1Arungkeke? (3) Apakah teknik restrukturisasi kognitif dapat meningkatkan efikasi diri siswa dalam belajar di SMPN 1 Arungkeke?. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimental dengan model True Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Arungkeke sebanyak 38 siswa pada tahun ajaran 2020/2021. Sampel peneitian sebanyak 12 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dilakukan dengan menggunakan skala efikasi diri dalam belajar dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Jadi hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) selama pelaksanaan teknik restrukturisasi kognitif siswa menunjukkan tingkat partisipasi umumnya berada pada kategori tinggi, (2) Tingkat Efikasi diri siswa dalam belajar saat pretest untuk kedua kelompok penelitian berada pada kategori rendah, pada saat posttest tingkat efikasi diri siswa dalam belajar pada kelompok eksperimen berada pada kategori tinggi dan kelompok kontrol berada pada kategori sedang, (3) penerapan teknik restrukturisasi kogntif dapat meningkatkan secara signifikan efikasi diri siswa dalam belajar di SMPN 1 Arungkeke. Kata Kunci: Restrukturisasi Kognitif, Efikasi diri.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Nov 2022 07:46
Last Modified: 02 Nov 2022 07:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25219

Actions (login required)

View Item View Item