PENERAPAN TEKNIK SELF TALK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SMP NEGERI 18 MAKASSAR

Nur Wahyuni (2022) PENERAPAN TEKNIK SELF TALK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SMP NEGERI 18 MAKASSAR.

[img] Text
NUR WAHYUNI- 1644041019- PPB (BK).pdf

Download (4MB)

Abstract

Nur Wahyuni, 2020. Penerapan Teknik self talk untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 18 Makassar. Skripsi . Dibimbing oleh Drs. Muhammad Anas, M.Si dan Dr. Abdul Saman, M.Si.Kons; Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan teknik self talk untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 18 Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran tingkat kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 18 Makassar ?, (2) Bagaimana gambaran pelaksanaan teknik Self talk untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 18 Makassar?, (3) Apakah Teknik Self talk dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 18 Makassar?.Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengetahui gambaran kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 18 Makassar, (2) Mengetahui gambaran gambaran pelaksanaan teknik self talk untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 18 Makassar, (3) Mengetahui apakah teknik self talk dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 18 Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitin eksperimental dengan model True Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMP negeri 18 Makassar sebanyak 40 siswa pada tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian sebanyak 16 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala kepercayaan diri dan observasil. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Jadi hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kepercayaan diri siswa sebelum diberikan treatment teknik self talk berada pada kategori rendah dan setelah diberikan perlakuan berupa teknik self talk kepercayaan diri siswa meningkat atau berada pada kategori tinggi, (2) Pada saat pelaksanaan teknik self talk partisispasi siswa berada pada kategori tinggi (3) Penerapan teknik self talk signifikan dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 18 Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Nov 2022 07:43
Last Modified: 02 Nov 2022 07:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25218

Actions (login required)

View Item View Item