PENERAPAN TEKNIK EMPTY CHAIR UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SMA NEGERI 2 BANTAENG

Sumarni (2022) PENERAPAN TEKNIK EMPTY CHAIR UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SMA NEGERI 2 BANTAENG.

[img] Text
SUMARNI-SKRIPSI-1644040009.pdf

Download (9MB)

Abstract

Sumarni, 2020. Penerapan Teknik empty chair untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMA Negeri 2 Bantaeng. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Syamsul Bachri Thalib, M.Si dan Dr. Abdullah Pandang, M.Pd Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan teknik empty chair untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMA Negeri 2 Bantaeng. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran tingkat kepercayaan diri siswa di SMA Negeri 2 Bantaeng ?, (2) Bagaimana gambaran penerapan teknik Empty Chair untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMA Negeri 2 Bantaeng ?, (3) Apakah penerapan teknik Empty Chair dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMA Negeri 2 Bantaeng ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui gambaran tingkat kepercayaan diri siswa di SMA Negeri 2 Bantaeng, (2) Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan teknik Empty Chair dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMA Negeri 2 Bantaeng, (3) Untuk mengetahui penerapan teknik Empty Chair dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMA Negeri 2 Bantaeng. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Eksperimental dengan model quasi eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Bantaeng sebanyak 48 siswa pada tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian sebanyak 8 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Skala kepercayaan diri dan Observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Jadi hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan Teknik Empty Chair terdiri dari 4 tahap yaitu, menumbuhkan motivasi klien, identifikasi sumber masalah, latihan under dog dan top dog dan evaluasi, (2) Tingkat kepercayaan diri siswa sebelum diberikan Teknik empty chair berada pada kategori rendah, (3) Penerapan Teknik empty chair dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMA Negeri 2 Bantaeng

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Nov 2022 07:18
Last Modified: 02 Nov 2022 07:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25212

Actions (login required)

View Item View Item