PENERAPAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENGURANGI BODY DISSATISFACTION PADA SISWA SMK NEGERI 6 MAKASSAR

DWI MAGHFIRATULLAH MATA (2022) PENERAPAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENGURANGI BODY DISSATISFACTION PADA SISWA SMK NEGERI 6 MAKASSAR.

[img] Text
DWI MAGHFIRATULLAH-SKRIPSI-164404003.pdf

Download (13MB)

Abstract

Dwi Maghfiratullah Mata, 2020. Penerapan Teknik cognitive restructuring untuk mengurangi body dissatisfaction pada siswa di SMK Negeri 6 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Abdul Saman, M.Si.Kons dan Drs Muhammad Anas, M.Si; Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan teknik cognitive restructuring untuk mengurangi body dissatisfaction pada siswa di SMK Negeri 6 Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran body dissatisfaction pada siswa di SMK Negeri 6 Makassar ?, (2) Bagaimana gambaran pelaksanaan penerapan teknik cognitive restructuring untuk menguangi body dissatisfaction pada siswa di SMK Negeri 6 Makassar ?, (3) Apakah penerapan teknik cognitive restructuring dapat mengurangi body dissatisfaction pada siswa di SMK Negeri 6 Makassar ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui gambaran body dissatisfaction pada siswa di SMK Negeri 6 Makassar, (2) Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan penerapan teknik cognitive restructuring dalam mengurangi body dissatisfaction pada siswa di SMK Negeri 6 Makassar, (3) Untuk mengetahui penerapan teknik cognitive restructuring dalam mengurangi body dissatisfaction pada siswa di SMK Negeri 6 Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Eksperimental dengan model quasi eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMK Negeri 6 Makassar sebanyak 47 siswa pada tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian sebanyak 8 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Skala Body dissatisfaction dan Observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Jadi hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Selama pelaksanaan teknik cognitive restructuring siswa menunjukkan tingkat partisipasi yang sangat tinggi dan tinggi, (2) Tingkat Body dissatisfaction siswa sebelum diberikan Teknik cognitive restructuring berada pada kategori tinggi, (3) Penerapan Teknik cognitive restructuring dapat Mengurangi Body dissatisfaction siswa di SMK Negeri 6 Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Nov 2022 06:52
Last Modified: 02 Nov 2022 06:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25203

Actions (login required)

View Item View Item