PENERAPAN TEKNIK MODELING SIMBOLIS UNTUK MENINGKATKAN EMPATI SISWA DISMP NEGERI 27 MAKASSAR

SELVIANI (2022) PENERAPAN TEKNIK MODELING SIMBOLIS UNTUK MENINGKATKAN EMPATI SISWA DISMP NEGERI 27 MAKASSAR.

[img] Text
SELVIANI.pdf

Download (5MB)

Abstract

SELVIANI, 2019. Penerapan Teknik Modeling Simbolis Untuk Meningkatkan Empati Siswa Di SMP Negeri 27 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. H. Muhammad Anas, M.Si dan Prof. Dr.Syamsul Bachri Thalib,M.S.i. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah pengaruh layanan teknik modeling simbolis terhadap empati Siswa di SMP Negeri 27 Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah gambaran empati siswa di SMP Negeri 27 Makassar, (2) Bagaimanakah gambaran pelaksanaan teknik modeling simbolis di SMP Negeri 27 Makassar, (3) Apakah Penerapan teknik Modeling Simbolis dapat meningkatkan empati siswa di SMP Negeri 27 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui gambaran empati siswa di SMP Negeri 27 Makassar, (2) Mengetahui gambaran pelaksanaan teknik modeling simbolis di SMP Negeri 27 Makassar, (3) Mengetahui apakah teknik modeling simbolis dapat meningkatkan empati siswa di SMP Negeri 27 Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experiment design dengan desain penelitian one-group pre-test-post-test design. Subyek penelitian ini adalah 20 orang yang merupakan siswa kelas VII/1 dan VII/2 SMP Negeri 27 Makassar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat empati siswa di SMP Negeri 27 Makassar sebelum diberikan teknik modeling simbolis berada pada kategori rendah dan setelah diberi perlakuan tingkat empati berada pada kategori sedang dan tinggi. (2) Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolis dilaksanakan selama 5 kali pertemuan sesuai dengan skenario yang menunjukkan bahwa tingkat partisipasi siswa selama mengikuti kegiatan secara umum berada pada kategori tinggi dilihat dari antusias mereka selama mengikuti kegiatan pertama sampai kegiatan terakhir. (3) Terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolis terhadap empati siswa di SMP Negeri 27 Makassar Kata kunci: empati, teknik modeling, bimbingan kelompok.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Nov 2022 06:47
Last Modified: 02 Nov 2022 06:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25201

Actions (login required)

View Item View Item