PENERAPAN TEKNIK EMPTY CHAIR UNTUK MENGURANGI TINGKAT KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN NASIONAL PADA SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 17 MAKASSAR.

MUHAMMAD SHAMIR MAULANA (2022) PENERAPAN TEKNIK EMPTY CHAIR UNTUK MENGURANGI TINGKAT KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN NASIONAL PADA SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 17 MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Muhammad Shamir Maulana 2019. Pengaruh Teknik Empty Chair Dalam Mengatasi Tingkat Kecemasan Siswa Menghadapi Ujian Nasional di SMP Negeri 17 Makassar. Dibimbing oleh Prof. Syamsul Bachri Thalib, M.Si dan Dr.Abdullah Pandang M.Pd Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu tingginya tingkat kecemasan siswa saat menghadapi ujian nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) gambaran tingkat kecemasan siswa menghadapi ujian nasional di SMP Negeri 17 Makassar. 2) gambaran penerapan teknik empty chair di SMP Negeri 17 Makassar. 3) teknik empty chair dapat mengurangi kecemasan siswa menghadapi ujian nasional di SMP Negeri 17 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model Quasi experimental design. Desain Eksperimen yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X sebanyak 55 siswa dan sampel penelitian sebesar 20 siswa yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 10 siswa. Penarikan sampel dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen skala kecemasan belajar dan pedoman observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis parametrik, yaitu uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat kecemasan siswa dalam menghadapi ujian nasional saat pretest pada kelompok eksperimen dan kontrol berada pada kategori tinggi. Pada saat posttest, tingkat kecemasan dalam menghadapi ujian nasional siswa kelompok eksperimen mengalami perubahan ke kategori rendah dan pada kelompok kontrol tetap berada pada kategori tinggi. 2) Pelaksanaan teknik empty chair dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang sudah dirancang melalui 4 tahapan yaitu rasional treatment, identifikasi sumber masalah, permainan top dan under dog, dan evaluasi. 3) Ada perbedaan tingkat kecemasan siswa dalam menghadapi ujian nasional pada kelompok yang diberikan perlakuan dan pada kelompok yang tidak diberikan perlakuan berupa teknik empty chair. Artinya, penerapan teknik empty chair dapat mengurangi tingkat kecemasan siswa dalam menghadapi ujian nasional secara signifikan di SMP Negeri 17 Makassar. Kata Kunci: Teknik empty chair, Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Nov 2022 06:36
Last Modified: 02 Nov 2022 06:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25200

Actions (login required)

View Item View Item