PENERAPAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENGURANGI KECENDERUNGAN PERILAKU AGRESIF SISWA DI SMP NEGERI 1 KELARA

YEYENG SUARNI (2022) PENERAPAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENGURANGI KECENDERUNGAN PERILAKU AGRESIF SISWA DI SMP NEGERI 1 KELARA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (9MB)

Abstract

YEYENG SUARNI, 2019. Penerapan teknik Role Playing untuk mengurangi kecenderungan perilaku agreif siswa di SMP Negeri 1 Kelara. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Muhammad Arifin Ahmad, MA dan Dr. Abdullah Pandang, M.Pd. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Penerapan teknik Role Playing untuk mengurangi kecenderungan perilaku agresif siswa di SMP Negeri 1 Kelara. Tujuan penelitia ini bertujuan untuk mengetahui 1) gambaran perilaku agresif siswa sebelum dan sesudah pemberian teknik role playing di SMP Negeri 1 Kelara, 2) gambaran pelaksanaan penerapan teknik role playing untuk mengurangi perilaku agresif siswa di SMP Negeri 1 Kelara, 3) pelaksanaan teknik role playing dalam mengurangi perilaku agresif siswa di SMP Negeri 1 Kelara. Penelitian ini menggunakan penedekatan kuantitatif jenis eksperiment (Quasi Eksperiment Design) dalam bentuk Non equevalent Control group Design. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui Skala dan observasi. Analisis data menggunakan analisis Statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukan 1) nilai gain score pada kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 41,8 dan nilai gain score pada kelompok eksperimen sebesar 7,6. Tingkat perilaku agresif siswa saat pretest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berada pada kategori tinggi. Pada saat posttest tingkat perilaku agresif siswa kelompok eksperimen berada pada kategori rendah dan pada kelompok kontrol tetap berada pada kategori tinggi. 2) Pelaksanaan teknik role playing sesuai dengan prosedur yang sudah dirancang. Selama pelaksanaan teknik role playing, partisipasi siswa berada pada kategori sangat tinggi 3) penerapan teknik role playing dapat mengurangi perilaku agresif siswa secara signifikan di SMP Negeri 1 Kelara.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Nov 2022 06:28
Last Modified: 02 Nov 2022 06:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25198

Actions (login required)

View Item View Item