PENGEMBANGAN APLIKASI NILAI RAPOR BERBASIS WEBSITE UNTUK MENGKLASIFIKASIKAN SISWA DALAM PEMBENTUKAN KELOMPOK BELAJARSISWA DI SMA NEGERI 1 LUWU

CITRA DEWI RAHMAT (2022) PENGEMBANGAN APLIKASI NILAI RAPOR BERBASIS WEBSITE UNTUK MENGKLASIFIKASIKAN SISWA DALAM PEMBENTUKAN KELOMPOK BELAJARSISWA DI SMA NEGERI 1 LUWU.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI.pdf

Download (133kB)
[img] Text
KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (212kB)
[img] Text
MOTTO.pdf

Download (212kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (915kB)
[img] Text
tabulasi.pdf

Download (246kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (890kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (90kB)

Abstract

Citra Dewi Rahmat, 2019. Pengembangan aplikasi nilai rapor untuk mengklasifikasikan siswa dalam pembentukan kelompok belajar di SMA Negeri 1 Luwu. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. M.. Arifin Ahmad, M.A dan Dr. Farida Aryani, S.Pd, M.Pd. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah utama penelitian ini adalah belum efektifnya pengklasifisikasian siswa dalam pembentukan kelompok belajar yang dilakukan guru BK terhadap siswa SMA Negeri 1 Luwu sehingga menyebabkan komposisi pembagian kelompok yang tak merata sehingga membuat kelompok yang terbentuk tidak seimbang dan kurang merata secara heterogen yang dimilikinya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yaitu pengembangan aplikasi nilai rapor siswa untuk mengklasifikasikan siswa dalam pembentukan kelompok belajar siswa di SMA Negeri 1 Luwu. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan kelompok belajar yang heterogen sehingga dapat terlaksana dengan efektif bimbingan belajar koperatif untuk membantu siswa dalam meningkatkan prestasi akademik. Model penelitian pengembangan yaitu model penegmbangan yang dimodifikasi oleh peneliti. Subyek penelitian ini terbagi atas subyek ahli, yaitu ahli isi dan guru pembimbing di SMA Negrei 1 Luwu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan survey melalui wawancara dan pengisian analisis kebutuhan guru BK dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tenik analisis data isi terhadap data kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif denga persentase terhadap data kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan diselesaikan dengan dua kali tahap uji, yaitu uji hasil (validasi ahli) dan uji kepraktisan, serta uji kelompok kecil, meliputi; revisi berdasarkan uji ahli, revisi uji kepraktisan dan revisi berdasarkan uji kelompok kecil. Revisi dilakukan meliputi beberapa aspek yaitu aspek penyajian, aspek pproproateness recognizability, learnability, operability, user interface authetics dan accesbility aplikasi untuk mengklasifikasikan siswa dalam pembentukan kelompok belajar. Berdasarkan uji ahli yaitu Dr. Farida Aryani, M.Pd dan uji kepraktisan yaitu Musniati, S.Pd. Aplikasi nilai rapor mendapat skala penelitian yang berada dalam kategori sangat baik berdasarkan uji kelompok kecil, aplikasi nilai rapor dinyatakan dapat digunakan dan dioperasikan. Dengan demikian aplikasi nilai rapor berbasis website yang dikembangkan dinyatakan layak, diterima, dan dapat digunakan dan dioperasikan kepada guru di SMA Negeri 1 Luwu. Kata kunci: Aplikasi R-Smart, pengklasifikasian siswa, bimbingan kooperatif.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Nov 2022 06:00
Last Modified: 02 Nov 2022 06:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25192

Actions (login required)

View Item View Item