PENERAPAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SMP NEGERI 33 MAKASSAR

NURHIKMAH (2022) PENERAPAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SMP NEGERI 33 MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI NURHIKMAH (1544040010) fix.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nurhikmah, 2019. Penerapan Teknik Assertive Training untuk Meningkatkan kepercayaan diri siswa SMP Negeri 33 Makassar. Dibimbing oleh Dr. Abdul Saman, M.Si., Kons. dan Dr. Abdullah Sinring, M.Pd,. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan Teknik Assertive Training untuk Meningkatkan kepercayaan diri siswa SMP Negeri 33 Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah gambaran tingkat kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 33 Makassar? (2) Bagaimana gambaran pelaksanaan teknik Assertive Training untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 33 Makassar? (3) Apakah penerapan teknik Assertive Training dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 33 Makassar?. Adapun tujuan penelitian (1) Untuk mengetahui gambaran tingkat kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 33 Makassar. (2) Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan teknik Assertive Training untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 33 Makassar .(3) Untuk mengetahui apakah penerapan teknik Assertive Training dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 33 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen (Quasi Eksperiment Design) dalam bentuk Non Equaevalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data mealui Skala dan Observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan 1. Kepercayaan diri pada kelompok eksperimen pada saat pretest pada saat pretest berada pada kategori rendah dan pada saat posttest berada pada kategori tinggi. Sedangkan pada kelompok kontrol pada saat pretest berada pada kategori rendah dan pada saat posttest berada pada kategori rendah. 2. Pelaksanaan Teknik Assertive Training sesuai dengan prosedur yang sudah dirancang melalui 7 kali pertemuan yaitu melakukan analisis kebutuhan latihan keasertifan, mencantumkan bahan informasi, berlatih membangun harga diri, berlatih melakukan penolakan dan berkata tidak, mengerjakan pekerjaan rumah, membahas hasil pekerjaan rumah dan mengakhiri pekerjaan terminasi. Penerapan Teknik Assertive Training dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa secara signifikan di SMP Negeri 33 Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Nov 2022 05:48
Last Modified: 02 Nov 2022 05:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25190

Actions (login required)

View Item View Item