EFEKTIVITAS METODE POSITIF SELF TALK TERHADAP PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELASVIII DI SMP NEGERI 33 MAKASSAR

WATI (2022) EFEKTIVITAS METODE POSITIF SELF TALK TERHADAP PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELASVIII DI SMP NEGERI 33 MAKASSAR.

[img] Text
WATI_1544040030.pdf

Download (5MB)

Abstract

WATI, 2019. Efektivitas Metode Positif Self Talk Terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 33 Makassar. Dibimbing oleh Dr. H. Abdullah Pandang, M.Pd dan Prof. Dr. H. Syamsul Bachri Thalib, M. Si. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian Ini menelaah Efektivitas Metode Positif Self Talk Terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 33 Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran kepercayaan diri siswa Kelas VIII di SMP Negeri 33 Makassar?, (2) Bagaimana gambaran tahap pelaksanaan metode positive self talk terhadap siswa kelas VIII di SMP Negeri 33 Makassar?, (3) Apakah metode positif self talk dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII di SMP Negeri 33 Makassar?. Adapun tujuan penelitian: (1) Mengetahui gambaran kepercayaan diri siswa Kelas VIII di SMP Negeri 33 Makassar. (2) Mengetahui gambaran tahap pelaksanaan metode positive self talk terhadap siswa kelas VIII di SMP Negeri 33 Makassar. (3) Mengetahui metode positive self talk dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII di SMP Negeri 33 Makassar. Penelitian ini menggunakan penedekatan kuantitatif jenis eksperiment (Quasi Eksperiment Design) dalam bentuk Non equevalent Control group Design. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui Skala dan observasi. Analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukan 1. Kepercayaan diri pada kelompok eksperimen pada saat pretet berada pada kategori rendah dan pada saat posttests berada pada kategori tinggi. Sedangkan kelompok control pada saat pretest berada pada kategori rendah dan pada saat posttest berada pada kategori rendah 2. Pelaksanaan teknik self talk sesuai dengan prosedur yang sudah dirancang melalui lima kali pertemuan yaitu perkenalan dan pretest, pembentukan dan peralihan, pelaksanaan kegiatan dan penutup. Pada saat pelaksanaan teknik self talk, partisipasi siswa berada pada kategori tinggi 3. Penerapan teknik self talk dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa secara signifikan di SMP Negeri 33 Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Nov 2022 05:42
Last Modified: 02 Nov 2022 05:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25188

Actions (login required)

View Item View Item