PENERAPAN TEKNIK ROLE PLAY UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA DI SMPN 2 MAKASSAR

SATRIA ADIL WICAKSONO (2022) PENERAPAN TEKNIK ROLE PLAY UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA DI SMPN 2 MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL LENGKAP 2007 REVISI FIX.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB I 2007 fix.doc

Download (62kB)
[img] Text
BAB II 2007 fix.doc

Download (129kB)
[img] Text
BAB III 2007 fix.doc

Download (123kB)
[img] Text
daftar pustaka fix.docx

Download (32kB)
[img] Text
01. Rencana Pelaksanaan fix.docx

Download (24kB)
[img] Text
02. Skenario Pelaksanaan fix.doc

Download (72kB)
[img] Text
03. KISI-KISI ANGKET Sebelum fix.doc

Download (58kB)
[img] Text
05. SKOR UJI COBA LAPANGAN WORD fix.docx

Download (27kB)
[img] Text
06. Uji Validitas dan Reliabilitas 2007 fix.doc

Download (96kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP FIX.docx

Download (74kB)

Abstract

Satria Adil Wicaksono, 2019. Skripsi. Penerapan Teknik Role Play untuk Meningkatkan Penyesuaian Sosial Siswa di SMP Negeri 2 Makassar. Dibimbing oleh Prof. Dr. Syamsul Bachri Thalib, M.Si serta Prof. Dr. H. M. Arifin Ahmad, M A. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya penyesuaian sosial siswa. Adapun rumusan masalahnya adalah 1) Bagaimanakah gambaran pelaksanaan bimbingan kelompok menggunakan teknik role play di SMP Negeri 2 Makassar? 2) Bagaimanakah gambaran penyesuaian sosial siswa di SMP Negeri 2 Makassar? 3) Apakah penerapan bimbingan kelompok menggunakan teknik role play dapat meningkatkan penyesuaian sosial siswa di SMP Negeri 2 Makassar?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Gambaran pelaksanaan bimbingan kelompok menggunakan teknik role play di SMP Negeri 2 Makassar 2) Gambaran penyesuaian sosial siswa di SMP Negeri 2 Makassar 3) Bimbingan kelompok menggunakan teknik role play dapat meningkatkan penyesuaian sosial siswa di SMP Negeri 2 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekaan kuantitatif dengan model Pre�Eksperimental. Desain Eksperimen yang digunakan adalah One-Group Pretest�Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah sebanyak 15 siswa yang ditentukan dengan teknik simpel random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen skala penyesuaian sosial dan pedoman observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis non parametrik, yaitu uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik role play terdiri atas 5 tahap yaitu rational treatment, memainkan adegan role play I (penerimaan diri dari aspek sosial), memainkan adegan role play II (latihan bergaul), memainkan adegan role play III (persahabatan) dan evaluasi. Selama kegiatan tersebut berlangsung siswa tertarik untuk mengetahui pentingnya role play sehingga siswa berpartisipasi dengan baik dalam kegiatan ini. 2) Tingkat penyesuaian sosial siswa di SMP Negeri 2 Makassar sebelum diberi perlakuan berupa bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik role play berada pada kategori rendah dan sesudah diberikan perlakuan berupa bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik role play berada pada kategori tinggi. 3) Bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik role play dapat meningkatkan penyesuaian sosial siswa secara signifikan di SMP Negeri 2 Makassar. Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Role Play, Penyesuaian Sosia

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Nov 2022 05:35
Last Modified: 02 Nov 2022 05:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25186

Actions (login required)

View Item View Item