PENERAPAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF DALAM MENGURANGI PERILAKU WITHDRAWAL PADA SISWA DI SMK KARTIKA WIRABUANA XX-I MAKASSAR KOTA MAKASSAR

RAMLI ELY (2022) PENERAPAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF DALAM MENGURANGI PERILAKU WITHDRAWAL PADA SISWA DI SMK KARTIKA WIRABUANA XX-I MAKASSAR KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. SAMPUL LENGKAP.docx

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB 1.docx

Download (28kB)
[img] Text
3. BAB 2.docx

Download (42kB)
[img] Text
4. BAB 3.docx

Download (40kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.docx

Download (14kB)
[img] Text
9. SKALA OBSERVASI AWAL.docx

Download (24kB)
[img] Text
12. SKENARIO.docx

Download (29kB)
[img] Text
14. ANGKET DAN KISI-KISI SEBELUM.docx

Download (25kB)
[img] Text
15. DATA UJI LAPANGAN.docx

Download (21kB)
[img] Text
27. DOKUMENTASI.docx

Download (2MB)
[img] Text
29. RIWAYAT HIDUP.docx

Download (35kB)

Abstract

Ramli Ely, 2019. Skripsi Penerapan Teknik Restrukturisasi Kognitif Dalam Mengurangi Perilaku Withdrawal Pada Siswa Di SMK Kartika Wirabuana XX-I Makassar Kota Makassar. Dibimbing oleh Bapak Drs. Muhammad Anas, M.Si dan Bapak Prof. Dr. H. Syamsul Bachri Thalib, M.Si. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu tingginya kecenderungan perilaku menarik diri (withdrawal) siswa. Rumusan masalah penelitian adalah 1) Bagaimanakah kecenderungan perilaku menarik diri (withdrawal) siswa di SMK Katika Wirabuana XX-I Makassar? 2) Bagaimanakah pelaksanaan teknik restrukturisasi kognitif di SMK Katika Wirabuana XX-I Makassar? 3) Apakah teknik restrukturisasi kognitif dapat mengurangi perilaku menarik diri (withdrawal) siswa di SMK Katika Wirabuana XX-I Makassar?. Penelitian ini bertujuan yaitu untuk mengetahui 1) Kecenderungan perilaku menarik diri (withdrawal) siswa di SMK Katika Wirabuana XX-I Makassar, 2) Pelaksanaan teknik restrukturisasi kognitif di SMK Katika Wirabuana XX-I Makassar, 3) Teknik restrukturisasi kognitif dapat mengurangi perilaku menarik diri (withdrawal) siswa di SMK Katika Wirabuana XX-I Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model Pre-Eksperiment Design. Desain Eksperimen yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah sebanyak 37 siswa dan sampel penelitian sebesar 8 siswa yang ditentukan dengan teknik simpel radom sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan instrument skala menarik diri (withdrawal) siswa. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis non parametrik, yaitu uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian berkesimpulan menunjukkan bahwa: 1) Tingkat kecenderungan menarik diri (withdrawal) di SMK Kartika Wirabuana XX-I Makassar sebelum diberi perlakuan berupa teknik restrukturisasi kognitif berada pada kategori tinggi dan sesudah diberikan perlakuan berupa teknik restrukturisasi kognitif berada pada kategori rendah. 2) Teknik restrukturisasi kognitif selama kegiatan tersebut berlangsung siswa tertarik untuk mengetahui pentingnya restrukturisasi kognitif sehingga siswa berpartisipasi dengan baik dalam kegiatan ini. 3) Teknik restrukturisasi kognitif dapat mengurangi kecenderungan menarik diri (withdrawal) di SMK Kartika Wirabuana XX-I Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Nov 2022 05:20
Last Modified: 02 Nov 2022 05:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25182

Actions (login required)

View Item View Item