PENERAPAN TEKNIK REFRAMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR POSITIF SISWA DI SMKN 1 LUWU

MUSDA MULIA (2022) PENERAPAN TEKNIK REFRAMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR POSITIF SISWA DI SMKN 1 LUWU.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

MUSDA MULIA, 2019. Penerapan Teknik Reframing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Positif Siswa di SMKN 1 Luwu. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. M. Arifin Ahmad, M.A dan Dr. H. Abdullah Pandang, M. Pd. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan teknik reframing untuk meningkatkan kemampuan berpikir positif siswa di SMKN 1 Luwu. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran tingkat kemampuan berpikir positif siswa di SMKN 1 Luwu? (2) Bagaimana gambaran pelaksanaan teknik reframing untuk meningkatkan kemampuan berpikir positif siswa di SMKN 1 Luwu? (3) Apakah penerapan teknik reframing dapat meningkatkan kemampuan berpikir positif siswa di SMKN 1 Luwu?. Adapun tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui gambaran tingkat kemampuan berpikir positif siswa di SMKN 1 Luwu (2) Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan teknik reframing untuk meningkatkan kemampuan berpikir positif siswa di SMKN 1 Luwu (3) Untuk mengetahui penerapan teknik reframing dapat meningkatkan kemampuan berpikir positif siswa di SMKN 1 Luwu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis metode penelitian yang digunakan yaitu true eksperimental dan menggunakan desain pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah sebanyak 10 orang siswa yang memiliki kemampuan berpikir positif yang rendah. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket (kuesioner), observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan berpikir positif siswa sebelum diberikan teknik reframing berada pada kategori rendah dan setelah pemberian teknik reframing kemampuan berpikir positif siswa berada pada kategori tinggi atau meningkat (2) Pelaksanaan penerapan teknik reframing untuk meningkatkan kemampuan berpikir positif siswa dilaksanakan sebanyak 6 tahap, yaitu: tahap pertama rasional, tahap kedua identifikasi persepsi, tahap ketiga menguraikan peran dari fitur-fitur persepsi terpilih, tahap keempat identifikasi persepsi alternatif, tahap kelima modifikasi dan persepsi dalam situasi masalah dan tahap keenam pekerjaan rumah dan penyelesaiannya (3) Penerapan teknik reframing dapat meningkatkan kemampuan berpikir positif siswa di SMKN 1 Luwu.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Nov 2022 03:45
Last Modified: 02 Nov 2022 03:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25180

Actions (login required)

View Item View Item