EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGIPERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 2 BULUKUMBA KABUPATEN BULUKUMBA

AULYA INDRI ASTUTI (2022) EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGIPERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 2 BULUKUMBA KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
AULYA INDRI ASTUTI.pdf

Download (11MB)

Abstract

AULYA INDRI ASTUTI, 2019. Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI Di SMK Negeri 2 Bulukumba. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. M. Arifin Ahmad, M.A dan Drs Muhammad Anas M.Si Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu tingginya tingkat perilaku prokrastinasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Gambaran Perilaku Prokrastinasi Siswa Kelas XI di SMK Negeri 2 Bulukumba 2) Gambaran Pelaksanaan Teknik Self Management untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI di SMK Negeri 2 Bulukumba 3) Teknik self management efektif Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa kelas XI di SMK Negeri 2 Bulukumba. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model Quasi experimental design. Desain Eksperimen yang digunakan adalah nonequivalent control group design, Subjek penelitian ini adalah sebanyak 20 orang siswa, yang ditentukan dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan skala dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat perilaku prokrastinasi akademik siswa saat pretest pada kelompok eksperimen dan kontrol berada pada kategori tinggi. Pada saat posttest, tingkat perilaku prokrastinasi akademik siswa kelompok eksperimen mengalami perubahan ke kategori rendah dan pada kelompok kontrol tetap berada pada kategori tinggi. 2) Pelaksanaan teknik self management terdiri atas tujuh tahap yaitu rational treatment, menspesifikkan masalah dan menetapkan tujuan, membuat komitmen untuk berubah, mengambil dan menilai penyebab-penyebab masalah, merancang dan mengimplentasikan rencana penanganan, serta mencegah kembalinya perilaku bermasalah, membuat pencapaian tujuan bertahan lama dan evaluasi. Tingkat partisipasi siswa selama mengikuti kegiatan self management berada pada kategori tinggi. 3) Penerapan teknik self management secara signifikan efektif mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa di SMK Negeri 2 Bulukumba.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Nov 2022 03:33
Last Modified: 02 Nov 2022 03:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25177

Actions (login required)

View Item View Item