PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN ROUND PLAYING TECHNIQUE UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 ANGGERAJA KABUPATEN ENREKANG

NURHIDAYAH (2022) PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN ROUND PLAYING TECHNIQUE UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 ANGGERAJA KABUPATEN ENREKANG.

[img] Text
NURHIDAYAH 1544041017.pdf

Download (14MB)

Abstract

NURHIDAYAH. 2019. Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Round Playing Technique Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Anggeraja. (dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. H. Syamsul Bachri Thalib, M. Si dan Bapak Dr. Abdullah Pandang M.Pd). Peneliti ini menelaah Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Round Playing Technique Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Anggeraja. Masalah utama penelitian ini adalah: 1. Bagaimana gamabaran kepercayaan diri siswa di Kelas VIII SMP Negeri 3 Anggeraja? 2. Bagaimana bimbingan kelompok dengan Round Playing technique? 3. Apakah Bimbingan kelompok dengan round Playing Technique dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Anggeraja? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1. Gambaran kepercayaan diri siswa di kelas VIII SMP Negeri 3 Anggeraja. 2. Gambaran bimbingan kelompok dengan Round Playing Technique. 3. Bimbingan kelompok dengan Round Playing Technique dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Anggeraja. Penelitian ini menggunakan penedekatan kuantitatif jenis eksperiment (Quasi Eksperiment Design) dalam bentuk Nonequevalent Control group Design. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui Skala dan observasi. Analisis data menggunakan analisis Statistic independent samples t-test. Hasil penelitian ini menunjukan 1. Kepercayaan diri pada kelompok eksperimen pada saat pretes berada pada kategori rendah dan pada saat postests berada pada kategori tinggi. Sedangkan kelompok control pada saat pretest berada pada kategori rendah dan pada saat posttest berada pada kategori rendah 2. Pelaksanaan teknik Round Playing sesuai dengan prosedur yang sudah dirancang melalui empat kali pertemuan yaitu laihan pegungkapan diri, latihan penetapan target perubahan diri, latihan penetapan rencana perubahan diri, latihan mengemukakan pendapat . Pada saat pelaksanaan teknik Round Playing, partisipasi siswa berada pada kategori tinggi 3. Penerapan teknik Round Playing dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa secara signifikan di SMP Negeri 3 Anggeraja

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Nov 2022 03:16
Last Modified: 02 Nov 2022 03:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25174

Actions (login required)

View Item View Item