NUR ULFA MEILANI ILYAS (2022) PENANGANAN PERILAKU BULLYING (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 13 MAKASSAR).
Text
Nur Ulfa Meilani Ilyas_1544041003.pdf Download (5MB) |
Abstract
Nur Ulfa Meilani Ilyas, 2019. Penanganan Perilaku Bullying (Studi Kasus di SMP Negeri 13 Makassar). Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Abdullah Pandang, M.Pd dan Dr. Abdullah Sinring, M.Pd. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang perilaku bullying dan penanganannya. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: 1) Bagaimanakah gambaran perilaku bullying di SMP Negeri 13 Makassar? 2) Faktor apakah terjadinya perilaku bullying di SMP Negeri 13 Makassar? 3) Bagaimanakah penanganan perilaku bullying di SMP Negeri 13 Makassar?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) Gambaran perilaku bullying di SMP Negeri 13 Makassar. 2) Faktor terjadinya perilaku bullying di SMP Negeri 13 Makassar. 3) Penanganan perilaku bullying di SMP Negeri 13 Makassar. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini yaitu SMP Negeri 13 Makassar terkait penanganan perilaku bullying. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bentuk bullying verbal: mengejek dengan nama orangtua atau panggilan yang unik, bentuk bullying fisik: berkelahi, mendorong dan memukul, mengganggu menulis. 2) Faktor terjadinya perilaku bullying: faktor keluarga, faktor teman sebaya, faktor individu. 3) Penanganan perilaku bullying di SMP Negeri 13 Makassar: program antibullying, tata tertib sekolah, dan kerjasama antar pihak sekolah.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 02 Nov 2022 03:12 |
Last Modified: | 02 Nov 2022 03:12 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25173 |
Actions (login required)
View Item |