PENERAPAN TEKNIK SEQUENTIALLY PLANNED INTEGRATIVE COUNSELING FOR CHILDREN UNTUK MENGURANGIKECEMASAN BERBICARA DI DEPAN KELASSISWA SD NEGERI TIDUNG MAKASSAR

M. FIQRI SYAHRIL (2022) PENERAPAN TEKNIK SEQUENTIALLY PLANNED INTEGRATIVE COUNSELING FOR CHILDREN UNTUK MENGURANGIKECEMASAN BERBICARA DI DEPAN KELASSISWA SD NEGERI TIDUNG MAKASSAR.

[img] Text
M. FIQRI SYAHRIL.pdf

Download (5MB)

Abstract

M. FIQRI SYAHRIL, 2019. Penerapan Teknik Sequentially Planned Integrative Counseling for Children untuk Mengurangi Kecemasan Berbicara di Depan Kelas Siswa SD Negeri Tidung Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. Syamsul Bachri Thalib, M.Si dan Drs. Muhammad Anas, M.Si. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Penerapan Teknik Sequentially Planned Integrative Counseling for Children untuk Mengurangi Kecemasan Berbicara di Depan Kelas Siswa SD Negeri Tidung Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran kecemasan ketika berbicara di depan kelas siswa SD Negeri Tidung Makassar? (2) Bagaimanakah gambaran penerapan teknik Sequentially Planned Integrative Counseling for Children untuk mengurangi kecemasan berbicara di depan kelas siswa SD Negeri Tidung Makassar? (3) Apakah teknik Sequentially Planned Integrative Counseling for Children dapat mengurangi kecemasan berbicara di depan kelas siswa di SD Negeri Tidung Makassar? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui gambaran kecemasan siswa dalam berbicara di depan kelas siswa SD Negeri Tidung Makassar (2) Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan teknik Sequentially Planned Integrative Counseling for Children dalam mengurangi kecemasan berbicara di depan kelas siswa SD Negeri Tidung Makassar. (3) Untuk mengetahui penerapan teknik Sequentially Planned Integrative Counseling for Children dapat mengurangi kecemasan berbicara di depan kelas siswa SD Negeri Tidung Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Single Subject Research (SSR) dan menggunakan desain A-B-A. Subjek penelitian ini adalah dua orang siswa kelas V B SD Negeri Tidung Makassar yang mengalami kecemasan berbicara di depan kelas. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen observasi dan skala penilaian. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kecemasan siswa ketika berbicara di depan kelas sebelum diberikan perlakuan berupa penerapan teknik Sequentially Planned Integrative Counseling for Children berada pada kategori tinggi (2) Pelaksanaan teknik Sequentially Planned Integrative Counseling for Children untuk mengurangi tingkat kecemasan berbicara siswa di depan kelas siswa SD Negeri Tidung Makassar dilaksanakan sebanyak 5 tahap dalam 3 kali pertemuan, meliputi: tahap pertama Pendekatan Person Center Theraphy, tahap kedua Pendekatan Gestalt, tahap ketiga Pendekatan Narative Counseling, tahap ke empat Pendekatan Cognitive Behavior Theraphy, dan tahap kelima Pendekatan Behavior. (3) Penerapan teknik Sequentially Planned Integrative Counseling for Children dapat menurunkan tingkat kecemasan berbicara siswa di depan kelas.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Nov 2022 03:00
Last Modified: 02 Nov 2022 03:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25170

Actions (login required)

View Item View Item