PENERAPAN TEKNIK ASERTIVE TRAINING UNTUK MENGURANGI PERILAKU KONFORMITAS NEGATIF SISWA DISMA NEGERI 11 BULUKUMBA

ELMI LESTARI (2022) PENERAPAN TEKNIK ASERTIVE TRAINING UNTUK MENGURANGI PERILAKU KONFORMITAS NEGATIF SISWA DISMA NEGERI 11 BULUKUMBA.

[img] Text
ELMI LESTARI_1444040011.pdf

Download (7MB)

Abstract

Elmi Lestari. 2019. Penerapan Teknik Assertive Training Untuk Mengurangi Perilaku Konformitas Negatif Siswa Di SMA Negeri 11 Bulukumba. Dibimbing oleh Prof. Dr. Alimuddin Mahmud, M. Pd dan Dr. H. Abdullah Sinring, M.Pd. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu tingginya tingkat konformitas negatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Tingkat perilaku konformitas negatif siswa di SMA Negeri 11 Bulukumba. 2) Pelaksanaan teknik assertive training yang dapat mengurangi perilaku konformitas negatif. 3) Teknik assertive training dapat mengurangi perilaku konformitas negatif di SMA Negeri 11 Bulukumba. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model Quasi experimental design. Desain Eksperimen yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X sebanyak 68 siswa dan sampel penelitian sebesar 18 siswa yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 9 siswa. Penarikan sampel dengan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan instrument skala perilaku konformitas negatif dan pedoman observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis parametrik, yaitu uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat konformitas negatif di SMA Negeri 11 Bulukumba berada pada kategori tinggi. 2) Pelaksanaan assertive training dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang sudah dirancang melalui enam kali pertemuan yaitu analisis kebutuhan latihan keasertifan, mencantumkan bahan informasi, berlatih membangun harga diri, berlatih melakukan penolakan dan berkata tidak, mengerjakan pekerjaan rumah, membahas hasil pekerjaan rumah dan focus group discussion Pada saat pelaksanaan teknik assertive training, partisipasi siswa berada pada kategori tinggi. 3) Ada perbedaan konformitas negatif pada kelompok yang diberikan perlakuan dan pada kelompok yang tidak diberikan perlakuan berupa teknik assertive training. Artinya, penerapan teknik assertive training dapat mengurangi konformitas negatif siswa di SMA Negeri 11 Bulukumba.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Nov 2022 02:56
Last Modified: 02 Nov 2022 02:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25169

Actions (login required)

View Item View Item