MUNTAR (2022) PENERAPAN TEKNIK MNEMONIC UNTUK MENGURANGI INHIBISI RETROAKTIF DI SMA TAHFIZHULL QURAN IMAM ASY-SYATHIBY WAHDAH ISLAMIYAH GOWA.
Text
Halaman Awal.docx Download (57kB) |
||
|
Image
Persetujuan Pembimbing.jpg Download (1MB) | Preview |
|
|
Image
Pengesahan Ujian Skripsi.jpg Download (1MB) | Preview |
|
Text
Daftar Isi.docx Download (26kB) |
||
Text
BAB I.docx Download (56kB) |
||
Text
BAB II.docx Download (74kB) |
||
Text
BAB III.docx Download (63kB) |
||
Text
Daftar Pustaka.docx Download (28kB) |
||
Text
1. Pelaksanaan Kegiatan Penelitian.docx Download (25kB) |
||
Text
2. Skenario Pelaksanaan.docx Download (44kB) |
||
Text
3. Kisi-Kisi Angket.docx Download (21kB) |
||
Text
4. Angket Inhibisi Retroaktif.docx Download (37kB) |
||
Text
5. Hasil Angket Pretest.docx Download (25kB) |
||
Text
6. Hasil Angket Posttest.docx Download (25kB) |
||
Text
Dokumentasi.docx Download (5MB) |
Abstract
MUNTAR, 2019. Penerapan Teknik Mnemonic untuk Mengurangi Inhibisi Retroaktif Siswa Di SMA Tahfizhul Quran Imam Asy-Syathiby Wahdah Islamiyah Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Farida Aryani, M.Pd. dan Dr. Abdullah Sinring, M.Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah siswa mengalami hambatan atau gangguan ketika ingin mengingat kembali informasi lama karena adanya informasi baru yang lebih mendominasi ingatan. Untuk mengatasi masalah tersebut maka digunakan teknik mnemonic dalam diskusi kelompok. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan tekni mnemonic dalam mengurangi inhibisi retroaktif di SMA Tahfizhul Quran Imam Asy-Syathiby Wahdah Islamiyah Gowa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental. Desain penelitian yang digunakan one grup pretest-postest design terhadap 20 siswa sebagai sampel penelitian dengan penarikan sampel simple random sampling pada 36 jumlah populasi dari kelas X MIPA SMA Tahfizhul Quran Imam Asy-Syathiby Wahdah Islamiyah Gowa. Pengumpulan data menggunakan angket dan observasi yang dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial nonparametrik, dengan uji hipotesis wilcoxon signed ranks test. Hasil penelitian menunjukkan tingkat inhibisi retroaktif sebelum diberikan perlakuan berada pada kategori tinggi dan setelah diberikan perlakuan berada pada kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa penerapan teknik mnemonic dapat mengurangi inhibisi retroaktif siswa di SMA Tahfizhul Quran Imam Asy-Syathiby Wahdah Islamiyah Gowa. Kata kunci: inhibisi retroaktif, teknik mnemonic
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 02 Nov 2022 02:45 |
Last Modified: | 02 Nov 2022 02:45 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25167 |
Actions (login required)
View Item |