PENERAPAN TEKNIK TOKEN EKONOMI UNTUK MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMPN 1 SUNGGUMINASA KAB. GOWA

SULISTYA PRABANINGSIH (2022) PENERAPAN TEKNIK TOKEN EKONOMI UNTUK MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMPN 1 SUNGGUMINASA KAB. GOWA.

[img] Text
SULISTYA PRABANINGSIH.pdf

Download (6MB)

Abstract

Sulistya Prabaningsih, 2019. Skripsi. Penerapan Teknik Token Ekonomi untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa SMPN 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Dibimbing oleh Bapak Dr. Abdullah Pandang, M.Pd dan Bapak Dr. Abdullah Sinring, M.Pd. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu perilaku prokrastinasi akademik siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana tingkat prokrastinasi akademik siswa di SMPN 1 Sungguminasa Kab. Gowa pada fase baseline A1? 2) Bagaimana gambaran pelaksanaan teknik token ekonomi dalam mengurangi prokrastinasi akademik siswa di SMPN 1 Sungguminasa Kab. Gowa? 3) Bagaimana tingkat prokrastinasi akademik siswa di SMPN 1 Sungguminasa Kab. Gowa pada fase baseline A2? 4) Apakah teknik token ekonomi dapat mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa di SMPN 1 Sungguminasa Kab. Gowa? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Tingkat prokrastinasi akademik siswa di SMPN 1 Sungguminasa Kab. Gowa pada kondisi baseline 1 (A1) atau kondisi sebelum diberikan intervensi, 2) Penerapan teknik token ekonomi dalam mengurangi prokrastinasi akademik siswa di SMPN 1 Sungguminasa Kab. Gowa pada kondisi intervensi (B), 3)Tingkat prokrastinasi akademik siswa di SMPN 1 Sungguminasa Kab. Gowa pada kondisi baseline 2 (A2) atau kondisi setelah diberikan intervensi, 4) Efektivitas teknik token ekonomi dalam mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa di SMPN 1 Sungguminasa Kab. Gowa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu experiment single subject research. Subjek penelitian ini adalah sebanyak 2 siswa, yang ditentukan dengan target behavior yang diukur secara kontinyu. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat Prokrastinasi Akademik siswa MZ dan AM sebelum diberi perlakuan berada pada kategori tinggi dan setelah diberi perlakuan berada pada kategori rendah. 2) Pelaksanaan teknik token ekonomi pada siswa terdiri dari 7 tahapan, yaitu Rasionalisasi treatment, menetapkan target perilaku, menentukan jenis benda sebagai token, menentukan backup reinforce (pengukuh idaman), menentukan poin dan harga tukar token, menenutkan waktu dan tempat penukaran token. 3) Teknik token ekonomi dapat mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa SMPN 1 Sungguminasa Kab. Gowa. Kata Kunci: Token Ekonomi, Prokrastinasi Akademik

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Nov 2022 02:25
Last Modified: 02 Nov 2022 02:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25165

Actions (login required)

View Item View Item