NUR RAMDHANI (2022) ANALISIS MAKNA KEBAHAGIAAN SISWA DAN KAITANNYA DENGAN PROSES BELAJAR DI SMPN 1 SUNGGUMNASA KABUPATEN GOWA.
Text
NUR RAMDHANI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Nur Ramdhani, 2019. Analisis Makna Kebahagiaan Siswa dan Kaitannya Dengan Proses Belajar di SMPN 1 Sungguminasa Kab Gowa. Dibimbing oleh Dr. Farida Aryani, S.pd, M.Pd dan Prof. Dr. Syamsul Bachri Thalib, M.Si Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu makna kebahagiaan pada siswa dan kaitannya dengan proses belajar. Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimanakah gambaran perilaku siswa yang bahagia dan tidak bahagia serta kaitannya dengan proses belajar? 2) Apakah faktor yang menyebabkan kebahagiaan dan dampaknya pada proses belajar? 3) Bagaimanakah peran BK untuk kebahagiaan siswa dan kaitannya dengan proses belajar?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Gambaran perilaku siswa yang bahagia dan tidak bahagia serta kaitannya dengan proses belajar. 2) Faktor yang menyebabkan kebahagiaan dan dampaknya pada proses belajar. 3) Peran BK untuk kebahagiaan siswa dan kaitannya dengan proses belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII sebanyak 5 orang. Pengumpulan data dengan menggunakan pedoman wawancara dan pedoman observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bentuk kebahagiaan pada siswa dalam proses belajar dapat dilihat pada siswa yang dapat menghargai kemampuan akademiknya, optimis dengan usaha yang dilakukannya, terbuka dalam menerima informasi dan mampu mengendalikan diri ketika sedang belajar. Sementara itu ketidakbahagiaan siswa umumnya adalah sikap pesimistis yang berasal dari dalam diri. 2) Faktor penyebab kebahagiaan siswa dalam proses belajar disebabkan oleh faktor eksternal seperti lingkungan sekitarnya, baik di lingkungan rumah maupun di lingkungan sekolah, dan faktor internal dalam diri siswa seperti perilaku yang emosional.. Dampak ketidakbahagiaan siswa dalam proses belajar adalah sikap kecewa yang berujung pada terganggunya proses belajar mengajar pada diri siswa. 3) Peran BK dalam menumbuhkan kebahagiaan pada siswa melalui pemberian layanan konseling yang berorientasi pada empat bidang layanan khususnya bidang pribadi dan belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 02 Nov 2022 02:16 |
Last Modified: | 02 Nov 2022 02:16 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25162 |
Actions (login required)
View Item |