PENERAPAN TEKNIK ACTING AS IF UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SMP NEGERI 13 MAKASSAR

EPI TAMALA (2022) PENERAPAN TEKNIK ACTING AS IF UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SMP NEGERI 13 MAKASSAR.

[img] Text
epi tamala 1444040005 skripsi.pdf

Download (4MB)

Abstract

Epi Tamala, 2018. Penerapan Teknik Acting As If Untuk Meningkatkan Kepercayaan diri Siswa Di SMP Negeri 13 Makassar. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Muhammad Arifin Ahmad, M.A dan Dr. Abdul Saman, S.Pd.,M.Si, Kons. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitianini yaitu tingkat kepercayaan diri rendah siswa . Rumusan masalah penelitian adalah 1) Bagaimana gambaran tingkat kepercayaan diri siswa sebelum dan sesudah pemberian teknik Acting As If di SMP Negeri 13 Makassar?, 2) Bagaimana pelaksanaan teknik Acting As If untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa SMP Negeri 13 Makassar ?, 3.)Apakah penerapan teknik Acting As If dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 13 Makassar?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model Pre�Eksperimental. Desain Eksperimen yang digunakan adalah One-Group Pretest�Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah sebanyak 65 siswa dan sampel penelitian sebesar 10 siswa yang ditentukan dengan teknik proporsional radom sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan instrument skala kepercayaan diri siswa. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis non parametrik, yaitu uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Gambaran tingkat kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 13 Makassar sebelum diberi perlakuan berupa teknik Acting As If berada pada kategori rendah dan sesudah diberikan perlakuan berupa teknik Acting As If berada pada kategori tinggi. 2) Pelaksanaan teknik Acting As If untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa terdiri atas lima tahapan pertemuan, adapun kegiatan tersebut : 1. Rasionalisasi treatmen, 2. Menanyakan pertanyaan-pertanyaan reflektif, 3. Rekonstruksi perilaku, 4. Memilih prilaku paling kurang menantang, dan 5. Evaluasi kegiatan. 3) Teknik Acting As If dapat mengingkatkan kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 13 Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Oct 2022 03:31
Last Modified: 31 Oct 2022 03:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25150

Actions (login required)

View Item View Item