PENERAPAN TEKNIK TOKEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DISMA NEGERI 11 BULUKUMBA

LENI ARMINA (2022) PENERAPAN TEKNIK TOKEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DISMA NEGERI 11 BULUKUMBA.

[img] Text
LENI ARMINA.pdf

Download (5MB)

Abstract

LENI ARMINA. 2019. Penerapan Teknik Token Economy Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa di SMA Negeri 11 Bulukumba. Dibimbing oleh Drs. Muhammad Anas, M.Si dan Prof. Dr. H. Syamsul Bachri Thalib, M. Si. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya kedisiplinan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Gambaran kedisiplinan belajar siswa di SMA Negeri 11 Bulukumba 2) Gambaran pelaksanaan teknik token economy di SMA Negeri 11 Bulukumba 3) Ada perbedaan kedisiplinan belajar siswa kelompok yang diberikan perlakuan berupa teknik token economy dengan kelompok yang tidak diberikan perlakuan di SMA Negeri 11 Bulukumba. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model Quasi experimental design. Desain Eksperimen yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X sebanyak 71 siswa dan sampel penelitian sebesar 16 siswa yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 8 siswa. Penarikan sampel dengan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan instrument skala perilaku kedisiplinan belajar dan pedoman observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis parametrik, yaitu uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat kedisiplinan belajar siswa di SMA Negeri 11 Bulukumba berada pada kategori rendah 2) Pelaksanaan token economy dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang sudah dirancang melalui empat kali pertemuan yaitu rationalisasi treatment, persiapan pemebrian token, pemberian token dan evaluasi. Pada saat pelaksanaan teknik token economy, partisipasi siswa berada pada kategori tinggi. 3) Ada perbedaan kedisiplinan belajar pada kelompok yang diberikan perlakuan dan pada kelompok yang tidak diberikan perlakuan berupa teknik token economy. Artinya, penerapan teknik token economy dapat meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SMA Negeri 11 Bulukumba

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Oct 2022 03:24
Last Modified: 31 Oct 2022 03:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25149

Actions (login required)

View Item View Item