PENERAPAN TEKNIK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA DI SMK NEGERI 2 PINRANG

MUHAMMAD JASMAN (2022) PENERAPAN TEKNIK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA DI SMK NEGERI 2 PINRANG.

[img] Text
SAMPUL LENGKAP fix.docx

Download (146kB)
[img] Text
BAB I JASMAN 2007.doc

Download (70kB)
[img] Text
BAB II JASMAN 2007.doc

Download (219kB)
[img] Text
BAB III JASMAN 2007.doc

Download (154kB)
[img] Text
DAPUS JASMAN FIX 2007.doc

Download (28kB)
[img] Text
1. Rencana Pelaksanaan.docx

Download (32kB)
[img] Text
2. Skenario Penelitian.docx

Download (22kB)
[img] Text
4. KISI-KISI dan 5 ANGKET Sebelum 101-104.docx

Download (27kB)
[img] Spreadsheet
6. tabulasi ujicoba lapangan 105.xlsx

Download (13kB)
[img] Text
7. Uji Validitas.docx

Download (22kB)
[img] Text
8. KISI-KISI dan 9 dan Angket Setelah.docx

Download (22kB)
[img] Text
FOTO DOKUMENTASI JSM.docx

Download (863kB)
[img] Text
riwat hidup.docx

Download (46kB)

Abstract

Muh. Jasman , 2019. Skripsi. Penerapan Teknik Rational Emotive Behavior Therapy untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa di SMK Negeri 2 Pinrang. Dibimbing oleh Drs. H. Muhammad Anas, M.Si dan Prof. Dr. H. Alimuddin Mahmud, M.Pd. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya komunikasi Intersonal pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Tingkat komunikasi interpersonal siswa di SMK Negeri 2 Pinrang. 2) pelaksanaan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) di SMK Negeri 2 Pinrang. 3) Penerapan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dapat meningkatkan komunikasi interpersonal siswa di SMK Negeri 2 Pinrang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model Pre-Eksperimental. Desain Eksperimen yang digunakan adalah pretest-posttest group design. Subjek penelitian ini adalah sebanyak 15 siswa, yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen skala kuesioner (angket) dan pedoman observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik non parametrik, yaitu uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Tingkat komunikasi Intersonal siswa di SMK Negeri 2 Pinrang sebelum diberi perlakuan berupa penerapan teknik Rational Emotive Behavior Therapy berada pada kategori rendah dan sesudah diberikan perlakuan berupa teknik Rational Emotive Behavior Therapy berada pada kategori tinggi. 2) Penerapan teknik Rational Emotive Behavior Therapy terdiri atas 6 tahap yaitu Latihan mengaktifkan pengalaman (Activating Event), latihan mengenali pemikiran dan keyakinan irasional (belief), latihan mengenali konsekuensi pemikiran dan keyakinan irasional (Consecuency),latihan menghapus atau mendepatkan keyakinan irasional (Disputing irasional Believe),latihan mengembangkan filosofi hidup (Efective phylosophy of life),latihan mengenali perasaan baru (New feeling), latihan terintegrasi. Selama kegiatan tersebut berlangsung siswa tertarik untuk mengetahui pentingnya Rational Emotive Behavior Therapy sehingga siswa berpartisipasi dengan baik dalam kegiatan ini. 3) Teknik Rational Emotive Behavior Therapy dapat meningkatkan komunikasi intersonal siswa di SMK Negeri 2 Pinrang. Kata kunci: Teknik REBT, Komunikasi Interpersonal.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Oct 2022 03:06
Last Modified: 31 Oct 2022 03:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25147

Actions (login required)

View Item View Item