PENERAPAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU TERLAMBAT SISWA DI SMP NEGERI 33 MAKASSAR

FEBRINA CHOTY MALLISA (2022) PENERAPAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU TERLAMBAT SISWA DI SMP NEGERI 33 MAKASSAR.

[img] Text
FEBRINA CHOTY MALLISA.pdf

Download (15MB)

Abstract

FEBRINA CHOTY MALLISA, 2019. Penerapan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Terlambat Siswa di SMP Negeri 33 Makassar. Dibimbing oleh Dr. H. Abdullah Pandang, M. Pd dan Prof. Dr. H. Syamsul Bachri Thalib, M. Si. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan teknik self management untuk mengurangi perilaku terlambat siswa di SMP Negeri 33 Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran perilaku terlambat siswa sebelum dan sesudah pemberian teknik self management di SMP Negeri 33 Makassar? (2) Bagaimana gambaran pelaksanaan penerapan teknik self management di SMP Negeri 33 Makassar? (3) Apakah penerapan teknik self management dapat mengurangi perilaku terlambat siswa di SMP Negeri 33 Makassar?. Adapun tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui gambaran perilaku terlambat siswa sebelum dan sesudah pemberian teknik self management di SMP Negeri 33 Makassar (2) Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan penerapan teknik self management di SMP Negeri 33 Makassar (3) Untuk mengetahui penerapan teknik self management dapat mengurangi perilaku terlambat siswa di SMP Negeri 33 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen Single Subject Research dan menggunakan desain A-B-A. Subjek penelitian ini adalah sebanyak 2 orang siswa yang mengalami perilaku terlambat. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen inventori dan observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perilaku terlambat siswa sebelum diberikan teknik self management berada pada kategori tinggi dan setelah pemberian teknik self management perilaku terlambat berada pada kategori rendah (2) Pelaksanaan penerapan teknik self management untuk mengurangi perilaku terlambat siswa di SMP Negeri 33 Makassar dilaksanakan sebanyak 4 tahap, yaitu: tahap pertama monitoring atau observasi diri, tahap kedua mengatur lingkungan, tahap ketiga evaluasi diri, tahap ke empat pemberian pengukuh (penguatan), penghapusan atau hukuman (3) Penerapan teknik self management dapat mengurangi perilaku terlambat siswa di SMP Negeri 33 Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Oct 2022 02:56
Last Modified: 31 Oct 2022 02:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25146

Actions (login required)

View Item View Item