ANALISIS PENGUNGKAPAN DIRI SISWA MELALUI SOSIAL MEDIA FACEBOOK DI SMP NEGERI 3 ANGGERAJA KAB. ENREKANG

RAHMAWATI (2022) ANALISIS PENGUNGKAPAN DIRI SISWA MELALUI SOSIAL MEDIA FACEBOOK DI SMP NEGERI 3 ANGGERAJA KAB. ENREKANG.

[img] Text
0 SAMPUL.docx

Download (656kB)
[img] Text
bab 1-riwayat hidup.docx

Download (8MB)

Abstract

RAHMAWATI, 2018. Analisis Pengungkapan Diri Siswa Melalui Media Sosial Facebook di SMP Negeri 3 Anggeraja Kabupaten Enrekang. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Syamsul Bachri Thalib, M.Si, Dr. Abdulah Sinring, M.Pd Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu siswa yang mengungkapkan diri si sosial media facebook di SMP Negeri 3 Anggeraja. Kajian utama penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Gambaran penerapan pengungkapan diri siswa di SMP Negeri 3 Anggeraja. (2) faktor apa saja yang mempengaruhi pengungkapan diri siswa pada Sosial media. (3) Upaya yang diberikan terhadap siswa yang mengungkapkan diri di sosial media. Pendekatan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data deskriptif dengan jumlah kasus 2 orang. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) gambaran Pengungkapan diri siswa di sosial media yaitu siswa yang di beri kebebasan dalam menggunakan Handphone dan kurangnya kontrol dari orangtua sehingga penggunaan sosial media tidak lagi terbendung oleh usia remaja terutama pada masa SMP. Mengungkapkan hampir semua kegiatannya dalam sosial media facebook dalam bentuk status dan memasang status di aplikasi sosial media yang dimiliki. (2) faktor yang mempengaruhi pengungkapan diri siswa di sosial media yaitu adanya faktor internal dan eksternal, di mana faktor internal itu dari diri konseli sendiri sedangkan faktor eksternal itu berasal dari lingkungan seperti keluarga, teman sekolah, dan keabat lainnya. (3) upaya-upaya yang dapat dilakukan setelah menganalisis penelitian ini merekomendasikan 1 teknik yaitu teknik person centered.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Oct 2022 02:04
Last Modified: 31 Oct 2022 02:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25141

Actions (login required)

View Item View Item