FENOMENA CYBERBULLYING DAN PENANGANANNYA (STUDI KASUS PADA DUA SISWA DI SMP NEGERI 1 SUNGGUMINASA KABUPATEN GOWA)

SYANI AINUN JARIYAH (2022) FENOMENA CYBERBULLYING DAN PENANGANANNYA (STUDI KASUS PADA DUA SISWA DI SMP NEGERI 1 SUNGGUMINASA KABUPATEN GOWA).

[img] Text
SYANI AINUN JARIYAH.pdf

Download (5MB)

Abstract

SYANI AINUN JARIYAH, 2019. Fenomena Cyberbullying Dan Penanganannya (Studi Kasus Siswa SMP Negeri 1 Sungguminasa Kabupaten. Gowa). Dibimbing oleh Dr. Farida Aryani, M. Pd dan Prof. Dr. H. M. Arifin Ahmad, M. A Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu cyberbullying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1).Perilaku cyberbullying siswa di SMPN 1 Sungguminasa Kab. Gowa. 2) faktor-faktor yang menyebabkan perilaku cyberbullying di SMPN 1 Sungguminasa Kab. Gowa. 3) Teknik Restrukturisasi Kognitif dapat mengatasi cyberbullying siswa di SMPN 1 Sungguminasa Kab. Gowa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus (case study). Subjek penelitian adalah 2 orang siswa yang dipilih melalui purposive sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, pedoman observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perilaku cyberbullying yang dilakukan oleh EP adalah flaming dan harrasement. Sedangkan SH berupa flaming dan cyberstalking. 2) Faktor yang memengaruhi perilaku cyberbullying EP yaitu itensitas penggunaa sosial media, kurangnya perhatian keluarga dan kurangnya proses sosialisasi. Sedangkan perilaku cyberbullying SH yaitu adanya persepsi yang negatif terhadap lingkungan sekitar, kurangnya perhatian keluarga dan pengaruh teman sebaya. 3) Penanganan perilaku cyberbullying pada konseli dilakukan dengan menggunakan teknik restrukturisasi kognitif terdiri atas 6 tahap yaitu rational treatment, identifikasi pikiran kedalam situasi, Pengenalan dan latihan coping thought, Peralihan pikiran negative ke coping tought, Latihan penguatan positif, dan evaluasi. Setelah intervensi diberikan, terjadi perubahan pikiran konseli dari irrasional ke rasional. Kata Kunci: Cyberbullying, Restrukturisasi Kognitif

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Oct 2022 07:38
Last Modified: 28 Oct 2022 07:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25128

Actions (login required)

View Item View Item