ANDI WIWIKARNILAH (2022) PENERAPAN TEKNIK GUIDED IMAGERY UNTUK MENGURANGIKECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA SISWA SMP NEGERI 7 MAKASSAR.
Text
SAMPUL.pdf Download (193kB) |
|
Text
SAMPUL DALAM.pdf Download (195kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (180kB) |
|
Text
MOTTO.pdf Download (276kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (182kB) |
|
Text
PRAKATA.pdf Download (301kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (188kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (181kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (178kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (186kB) |
|
Text
BAB 1 (4 September AGUSTUS 2018) ISI.pdf Download (308kB) |
|
Text
BAB 2 (4 SEPTEMBER 2018) ISI.pdf Download (364kB) |
|
Text
BAB 3 (4 september) ISI.pdf Download (655kB) |
|
Text
DAPUS.pdf Download (190kB) |
|
Text
Jadwal pelaksanaan Teknik.pdf Download (189kB) |
|
Text
Skala Kecemasan.pdf Download (314kB) |
|
Text
Skenario.pdf Download (218kB) |
|
Text
Bawah.pdf Download (292kB) |
|
Text
13 Dokumentasi Penelitian.pdf Download (923kB) |
|
Text
14 RIWAYAT HIDUP.pdf Download (297kB) |
Abstract
Andi Wiwikarnilah, 2019. Penerapan teknik guided imagery untuk mengurangi kecemasan berbicara di depan umum pada siswa SMP Negeri 7 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. H. Muhammad Anas, M.Si dan Prof.Dr. Syamsul Bachri Thalib, M.Si. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini meneliti penerapan teknik guided imagery untuk mengurangi kecemasan berbicara di depan umum pada siswa SMP Negeri 7 Makassar. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana gambaran kecemasan siswa tampil berbicara di depan umum pada siswa SMP Negeri 7 Makassar? (2) Bagaimana gambaran pelaksanaan teknik guided imagery untuk mengurangi kecemasan siswa tampil berbicara di depan umum? (3) Apakah teknik guided imagery dapat mengurangi kecemasan siswa tampil berbicara di depan umum?. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui: (1) Gambaran kecemasan siswa tampil berbicara di depan umum pada siswa SMP Negeri 7 Makassar, (2) Gambaran pelaksanaan teknik guided imagery untuk mengurangi kecemasan siswa tampil berbicara di depan umum, (3) Teknik guided imagery dapat mengurangi kecemasan siswa tampil berbicara di depan umum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksperimen. Model penelitian yang digunakan adalah Quasi experiment design, desain penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent control group design terhadap 24 sampel penelitian yang merupakan siswa kelas VII di SMP Negeri 7 Makassar, 12 siswa kelompok eksperimen dan 12 siswa kelompok kontrol, dan penarikan sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling kemudian sampel dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi dan angket. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif parametric dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kecemasan berbicara di depan umum pada siswa sebelum diberikan teknik guided imagery berada pada kategori tinggi (2) Pelaksanaan teknik guided imagery di SMP Negeri 7 Makassar dilaksanakan dalam 7 tahap sesuai skenario, meliputi: tahap pertama rational treatment, tahap kedua identifikasi masalah, tahap ketiga membantu konseli dalam keadaan santai, tahap keempat sugesti khusus untuk imajinasi, tahap kelima berikan kesimpulan dan perkuat hasil praktek, tahap keenam kembali ke keadaan semula, tahap ketujuh evaluasi dan tahap kedelapan posttest (3) Penerapan teknik guided imagery dapat mengurangi kecemasan berbicara di depan umum pada siswa SMP Negeri 7 Makassar. Kata Kunci: Teknik Guided Imagery, Kecemasan Berbicara di Depan Umum
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 28 Oct 2022 07:29 |
Last Modified: | 28 Oct 2022 07:29 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25126 |
Actions (login required)
View Item |