PENERAPAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENGURANGI KECENDERUNGAN PENYALAHGUNAAN OBAT-OBATAN TERHADAP SISWA DI SMP NEGERI 2 TAMALATEA KABUPATEN JENEPONTO

LUKMAN (2022) PENERAPAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENGURANGI KECENDERUNGAN PENYALAHGUNAAN OBAT-OBATAN TERHADAP SISWA DI SMP NEGERI 2 TAMALATEA KABUPATEN JENEPONTO.

[img] Text
SAMPUL LENGKAP 200722.doc

Download (185kB)
[img] Text
ttd 3.docx

Download (29kB)
[img]
Preview
Image
pengesahan.jpg

Download (778kB) | Preview
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.docx

Download (52kB)
[img] Text
BAB III Metode Penelitian.docx

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (21kB)
[img] Text
01. Analisis Pra Lapangan.docx

Download (16kB)
[img] Text
02. RPL.docx

Download (23kB)
[img] Text
03. Skenario.doc

Download (82kB)
[img] Text
04. Kisi sebelum.docx

Download (16kB)
[img] Text
05. Skala sbelum.docx

Download (20kB)
[img] Spreadsheet
06. ujicoba lapangan.xlsx

Download (15kB)
[img] Text
07 dan 08 Uji Validitas dan Reliabilitas.docx

Download (23kB)
[img] Text
DOKUMENTASI.docx

Download (3MB)

Abstract

LUKMAN, 2019. Penerapan Teknik Cognitive Restructuring untuk Mengurangi Kecenderungan Penyalahgunaan Obat-obatan Terhadap Siswa di SMP Negeri 2 Tamalatea Kabupaten Jeneponto. Dibimbing oleh Prof. DR. Syamsul Bachri Thalib, M. Si. dan Drs. H. Muh. Anas, M. Si. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu tingginya tingkat penyalahgunaan obat-obatan pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Gambaran kecenderungan penyalahgunaan obat-obatan pada siswa. 2) Gambaran pelaksanaan teknik Cognitive Restructuring. 3) Teknik Cognitive Restructuring dapat mengurangi kecenderungan penyalahgunaan obat-obatan pada siswa di SMP Negeri 2 Tamalatea Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model Quasi experimental design. Desain Eksperimen yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 83 siswa dan sampel penelitian sebesar 18 siswa yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 9 siswa. Penarikan sampel dengan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data dengan menggunakan instrument skala penyalahgunaan obat-obatan dan pedoman observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis parametrik, yaitu uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat penyalahgunaan obat-obatan siswa di SMP Negeri 33 Bulukumba berada pada kategori tinggi. 2) Pelaksanaan teknik restrukturisasi kognitif dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang sudah dirancang melalui enam kali pertemuan yaitu rational treatment, identifikasi pikiran ke dalam situasi, Pengenalan dan latihan coping thought, Peralihan pikiran negative ke coping tought, Latihan penguatan positif, dan evaluasi. Pada saat pelaksanaan teknik restrukturisasi kognitif, partisipasi siswa berada pada kategori tinggi. 3) Ada perbedaan tingkat penyalahgunaan obat-obatan pada kelompok yang diberikan perlakuan dan pada kelompok yang tidak diberikan perlakuan berupa teknik restruktursasi kognitif. Artinya, penerapan teknik restruktursasi kognitif dapat mengurangi penyalahgunaan obat-obatan di SMP Negeri 33 Bulukumba.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Oct 2022 07:17
Last Modified: 28 Oct 2022 07:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25125

Actions (login required)

View Item View Item