PENERAPAN TEKNIK THOUGHT STOPPING UNTUK MENGURANGI KECENDERUNGAN PERILAKU KONSUMTIF SISWA DI SMA NEGERI 9 MAKASSAR

RIMA KARMILA (2022) PENERAPAN TEKNIK THOUGHT STOPPING UNTUK MENGURANGI KECENDERUNGAN PERILAKU KONSUMTIF SISWA DI SMA NEGERI 9 MAKASSAR.

[img] Text
RIMA KARMILA (1444041001).pdf

Download (6MB)

Abstract

Rima Karmila 2019. Penerepan Teknik Thought Stopping untuk mengurangi kecenderungan perilaku konsumtif siswa di SMA Negeri 9 Makassar. Dibimbing oleh Dr. Kustiah Sunarty, M.Pd dan Prof. Dr. Arifin Ahmad, MA. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu tingginya tingkat kecenderungan perilaku konsumtif siswa di SMA Negeri 9 Makassar. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui 1). Kecenderungan perilaku konsumtif siswa di SMA Negeri 9 Makassar sebelum diterapkan teknik thought stopping. 2) Gambaran tahapan teknik thought stopping di SMA Negeri 9 Makassar. 3) Apakah teknik thought stopping dapat mengurangi kecenderungan perilaku konsumtif siswa di SMA Negeri 9 Makassar? Desain Eksperimen yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI sebanyak 46 siswa dan sampel penelitian sebanyak 20 siswa yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 10 siswa. Penarikan sampel dengan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket kecendrungan perilaku konsumtif dan pedoman observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial, yaitu uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat kecenderungan perilaku konsumtif di SMA Negeri 9 Makassar sebagian besar pada kategori sedang hingga kategori tinggi, 2) Teknik thought stopping dilaksanakan melalui enam tahapan yaitu pemberian informasi (rational treatment), menentukan pikiran negatif, berhenti memikirkan yang diarahkan konselor, latihan berhenti memikirkan yang diarahkan oleh konseli secara terbuka, mengganti pikiran negatif kearah positif, dan yang terakhir evaluasi dan tindak lanjut. Tingkat partisipasi siswa selama mengikuti pelaksanaan teknik thought stopping berada pada kategori sangat tinggi, 3) Kecenderungan perilaku konsumtif berdasarkan hasil pretest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berada pada kategori tinggi. Hasil posttest pada kelompok eksperimen berada pada kategori rendah sedangkan kelompok kontrol masih tetap berada pada kategori sedang hingga tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik thought stopping dapat mengurangi kecenderungan perilaku konsumtif di SMA Negeri 9 Makassar. Kata Kunci : Kecenderungan Perilaku Konsumtif, Teknik Thought Stopping

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Oct 2022 07:10
Last Modified: 28 Oct 2022 07:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25123

Actions (login required)

View Item View Item