PENERAPAN TEKNIK MODELING SIMBOLIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA DI MTS DDI TUPPU PINRANG

NURASIDA, (2022) PENERAPAN TEKNIK MODELING SIMBOLIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA DI MTS DDI TUPPU PINRANG.

[img] Text
NURASIDA SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

NURASIDA, 2019. Penerapan Teknik Modeling Simbolik untuk Meningkatkan Motivasi Membaca Al-Qur’an pada Siswa di MTs DDI Tuppu Pinrang. Dibimbing oleh Dr. H. Abdullah Pandang, M. Pd dan Prof. Dr. H. Syamsul Bachri Thalib, M. Si. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan teknik modeling simbolik untuk meningkatkan motivasi membaca Al�Qur’an pada siswa di MTs DDI Tuppu Pinrang. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah gambaran tingkat motivasi membaca Al-Qur’an siswa di MTs DDI Tuppu Pinrang sebelum diberikan intervensi berupa teknik modeling simbolik?, (2) Bagaimanakah gambaran penerapan teknik modeling simbolik untuk meningkatkan motivasi membaca Al�Qur’an siswa di MTs DDI Tuppu Pinrang?, (3) Bagaimanakah gambaran motivasi membaca Al-Qur’an siswa di MTs DDI Tuppu Pinrang setelah pemberian intervensi berupa teknik modeling simbolik? dan (4) Bagaimanakah perbandingan tingkat motivasi membaca Al�Qur’an siswa di MTs DDI Tuppu Pinrang sebelum dan setelah diberikan intervensi berupa teknik modeling simbolik?. Adapun tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui gambaran tingkat motivasi membaca Al-Qur’an siswa di MTs DDI Tuppu Pinrang sebelum diberikan intervensi berupa teknik modeling simbolik?, (2) Untuk mengetahui penerapan teknik modeling simbolik untuk meningkatkan motivasi membaca Al-Qur’an siswa di MTs DDI Tuppu Pinrang?, (3) Untuk mengetahui gambaran motivasi membaca Al-Qur’an siswa di MTs DDI Tuppu Pinrang setelah pemberian intervensi berupa teknik modeling simbolik?, dan (4) Untuk mengetahui bagaimanakah perbandingan tingkat motivasi membaca Al-Qur’an siswa di MTs DDI Tuppu Pinrang sebelum dan setelah diberikan intervensi berupa teknik modeling simbolik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen Single Subject Research dan menggunakan desain A-B-A. Subjek penelitian ini adalah sebanyak 2 orang siswa yang memiliki motivasi membaca Al-Qur’an yang rendah. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Motivasi membaca Al-Qur’an siswa sebelum diberikan teknik modeling simbolik berada pada kategori sangat rendah (2) Pelaksanaan penerapan teknik modeling simbolik dilaksanakan sebanyak 5 tahap, yaitu: Rasional, modeling simbolik, praktek atau latihan, pekerjaan rumah, dan yaitu evaluasi (3) Setelah pemberian intervensi, motivasi membaca Al-Qur’an siswa tetap tergolong tinggi, (4) Motivasi FT dan PI setelah intervensi memiliki nilai yang berbeda, namun FT lebih dominan dibanding PI, tetapi pada kondisi baseline 2 FT dan PI memiliki nilai yang sama. Kata Kunci: Teknik Modeling Simbolik, Motivasi Membaca Al-Qur’an

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Oct 2022 06:42
Last Modified: 28 Oct 2022 06:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25118

Actions (login required)

View Item View Item