PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING MENGGUNAKAN GAME WEREWOLF UNTUK MENINGKATKAN SELF DISCLOSURE SISWA MTS FAQIHUL ILMI MAKASSAR

NUR SAFITRI FEBRIANA (2022) PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING MENGGUNAKAN GAME WEREWOLF UNTUK MENINGKATKAN SELF DISCLOSURE SISWA MTS FAQIHUL ILMI MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL LENGKAP.docx

Download (80kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (62kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (38kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (BENAR).docx

Download (17kB)
[img] Spreadsheet
1a. pra penelitian.xlsx

Download (23kB)
[img] Text
1b. pra penelitian.docx

Download (16kB)
[img] Text
2. skenario pelaksanaan.docx

Download (21kB)
[img] Text
3. pedoman observasi.docx

Download (23kB)
[img] Text
4 dan 5 skala sebelum.docx

Download (23kB)
[img] Spreadsheet
06. tabulasi uji lapangan.xlsx

Download (17kB)
[img] Text
07 dan 08 uji valid dan real.docx

Download (27kB)
[img] Text
09 dan 10 skala self disclosure stlh.docx

Download (22kB)
[img] Text
dokumentasi.docx

Download (1MB)
[img] Text
19 DAFTAR RIWAYAT HIDU1.docx

Download (39kB)

Abstract

Nur Safitri Febriana, 2018. Skripsi. Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role playing Menggunakan Game Werewolf Untuk Meningkatkan Self Disclosure Siswa Mts Faqihul Ilmi Makassar. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Alimuddin Mahmud, M.Pd dan Dr. Abdul Saman, M. Si. Kons. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya self disclosure siswa. Rumusan masalahnya 1) Bagaimana gambaran self disclosure siswa di MTs Faqihul Ilmi Makassar? 2) Bagaimana gambaran pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik role playing menggunakan game werewolf untuk meningkatkan self disclosure siswa di MTs Faqihul Ilmi Makassar? 3) Apakah penerapan bimbingan kelompok dengan teknik role playing mengunakan game werewolf dapat meningkatkan self disclosure siswa di MTs Faqihul Ilmi Makassar?. Penelitian ini bertujuan mengetahui 1) Gambaran self disclosure siswa di MTs Faqihul Ilmi Makassar sebelum diberi bimbingan kelompok dengan teknik role playing menggunakan game werewolf 2) Gambaran pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik role playing menggunakan game werewolf untuk meningkatkan self disclosure siswa di MTs Faqihul Ilmi Makassar 3) Penerapan bimbingan kelompok dengan teknik role playing mengunakan game werewolf dapat meningkatkan self disclosure siswa di MTs Faqihul Ilmi Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, Pre-Eksperiment Design. Desain Eksperimen yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian 45 siswa dan sampel penelitian 12 siswa yang ditentukan dengan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner self disclosure dan pedoman observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis non parametrik, yaitu uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat self disclosure siswa MTs Faqihul Ilmi Makassar sebelum diberikan perlakuan berupa teknik role playing menggunakan game werewolf berada pada kategori rendah. 2) Penerapan teknik role playing menggunakan game werewolf yang terdiri atas lima tahap yaitu rational treatment, tahap pelaksanaan teknik role playing menggunakan game werewolf yang dilakukan sebanyak 3 kali, dan tahap terakhir adalah tahap evaluasi. Pada setiap tahapan kegiatan ini tingkat partisipasi siswa yang berada pada kategori sangat tinggi. 3) Teknik role playing menggunakan game werewolf dapat meningkatkan self disclosure siswa secara signifikan di MTs Faqihul Ilmi Makassar. Kata Kunci: Teknik role playing menggunakan game werewolf , Self disclosure

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Oct 2022 06:38
Last Modified: 28 Oct 2022 06:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25117

Actions (login required)

View Item View Item