NUR SAFITRI FEBRIANA (2022) PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING MENGGUNAKAN GAME WEREWOLF UNTUK MENINGKATKAN SELF DISCLOSURE SISWA MTS FAQIHUL ILMI MAKASSAR.
Text
SAMPUL LENGKAP.docx Download (80kB) |
|
Text
BAB 1.docx Download (30kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (62kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (38kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA (BENAR).docx Download (17kB) |
|
Spreadsheet
1a. pra penelitian.xlsx Download (23kB) |
|
Text
1b. pra penelitian.docx Download (16kB) |
|
Text
2. skenario pelaksanaan.docx Download (21kB) |
|
Text
3. pedoman observasi.docx Download (23kB) |
|
Text
4 dan 5 skala sebelum.docx Download (23kB) |
|
Spreadsheet
06. tabulasi uji lapangan.xlsx Download (17kB) |
|
Text
07 dan 08 uji valid dan real.docx Download (27kB) |
|
Text
09 dan 10 skala self disclosure stlh.docx Download (22kB) |
|
Text
dokumentasi.docx Download (1MB) |
|
Text
19 DAFTAR RIWAYAT HIDU1.docx Download (39kB) |
Abstract
Nur Safitri Febriana, 2018. Skripsi. Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role playing Menggunakan Game Werewolf Untuk Meningkatkan Self Disclosure Siswa Mts Faqihul Ilmi Makassar. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Alimuddin Mahmud, M.Pd dan Dr. Abdul Saman, M. Si. Kons. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya self disclosure siswa. Rumusan masalahnya 1) Bagaimana gambaran self disclosure siswa di MTs Faqihul Ilmi Makassar? 2) Bagaimana gambaran pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik role playing menggunakan game werewolf untuk meningkatkan self disclosure siswa di MTs Faqihul Ilmi Makassar? 3) Apakah penerapan bimbingan kelompok dengan teknik role playing mengunakan game werewolf dapat meningkatkan self disclosure siswa di MTs Faqihul Ilmi Makassar?. Penelitian ini bertujuan mengetahui 1) Gambaran self disclosure siswa di MTs Faqihul Ilmi Makassar sebelum diberi bimbingan kelompok dengan teknik role playing menggunakan game werewolf 2) Gambaran pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik role playing menggunakan game werewolf untuk meningkatkan self disclosure siswa di MTs Faqihul Ilmi Makassar 3) Penerapan bimbingan kelompok dengan teknik role playing mengunakan game werewolf dapat meningkatkan self disclosure siswa di MTs Faqihul Ilmi Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, Pre-Eksperiment Design. Desain Eksperimen yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian 45 siswa dan sampel penelitian 12 siswa yang ditentukan dengan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner self disclosure dan pedoman observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis non parametrik, yaitu uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat self disclosure siswa MTs Faqihul Ilmi Makassar sebelum diberikan perlakuan berupa teknik role playing menggunakan game werewolf berada pada kategori rendah. 2) Penerapan teknik role playing menggunakan game werewolf yang terdiri atas lima tahap yaitu rational treatment, tahap pelaksanaan teknik role playing menggunakan game werewolf yang dilakukan sebanyak 3 kali, dan tahap terakhir adalah tahap evaluasi. Pada setiap tahapan kegiatan ini tingkat partisipasi siswa yang berada pada kategori sangat tinggi. 3) Teknik role playing menggunakan game werewolf dapat meningkatkan self disclosure siswa secara signifikan di MTs Faqihul Ilmi Makassar. Kata Kunci: Teknik role playing menggunakan game werewolf , Self disclosure
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 28 Oct 2022 06:38 |
Last Modified: | 28 Oct 2022 06:38 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25117 |
Actions (login required)
View Item |