RESKI UTAMI (2022) PENERAPAN TEKNIK MOTIVATIONAL INTERVIEWING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERKONSULTASI SISWA DI SMAN 2 SINJAI BARAT.
Text
SAMPUL LENGKAP.pdf Download (175kB) |
|
Text
BAB I Utami 2007.pdf Download (115kB) |
|
Text
BAB II UTAMI 2007.pdf Download (180kB) |
|
Text
Bab III Utami 2007.pdf Download (152kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA 2007.pdf Download (87kB) |
|
Text
1. Rencana Pelaksanaan.pdf Download (111kB) |
|
Text
2. Skenario pelaksanaan.pdf Download (133kB) |
|
Text
03. Lembar Observasi.pdf Download (108kB) |
|
Text
04. Keterangan Validator.pdf Download (74kB) |
|
Text
05. Petunjuk Validator Angket.pdf Download (73kB) |
|
Text
06 dan 07 Kisi-kisi dan angket sebelum.pdf Download (108kB) |
|
Text
DOKUMENTASI PENELITIAN.docx Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx Download (33kB) |
Abstract
Reski Utami, 2017. Skripsi .Penerapan Teknik Motivational Interviewing untuk Meningkatkan Motivasi Berkonsultasi Siswa Di SMAN 2 Sinjai Barat. Dibimbing oleh Dr. SulaimanSamad M.Si dan Prof. Dr. H. Alimuddin Mahmud. M.pd Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya motivasi berkonsultasi siswa. Adapun rumusan masalahnya adalah 1) Bagaimana gambaran penerapan teknik motivational interviewing di SMAN 2 Sinjai Barat? 2) Bagaimana gambaran motivasi berkonsultasi siswadi SMAN 2 Sinjai Barat? 3) Apakah penerapan teknik motivational interviewing dapat meningkatkan motivasi berkonsultasi siswa di SMAN 2 Sinjai Barat?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Gambaran penerapan teknik motivational interviewing di SMAN 2 Sinjai Barat. 2) Gambaran motivasi berkonsultasi siswa di SMAN 2 Sinjai Barat. 3) Penerapan teknik motivational interviewing dapat meningkatkan motivasi berkonsultasi siswa di SMAN 2 Sinjai Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model Pre-Eksperimental. Desain Eksperimen yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI sebanyak 58 siswa dan sampel penelitian sebesar 12 siswa yang ditentukan dengan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan instrument skala motivasi berkonsultasi dan pedoman observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis non parametrik, yaitu uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan teknik motivational interviewing terdiri atas tujuh tahap yaitu rational treatment, penilaian kesiapan untuk berubah (assessing readiness to change). Pertajam fokus (sharpening focus), Identifikasi ambivalensi (identifying ambivalence) memperoleh peryataan self- motivation dari diri klien, menangani resistensi (handling resistance) dan focus bergeser (shifting the focus) serta evaluasi. Selama kegiatan tersebut berlangsung, siswa tertarik untuk mengetahui pentingnya motivational interviewing sehingga siswa berpartisipasi dengan baik dalam kegiatan ini. 2) Tingkat motivasi berkonsultasi siswa di SMA Negeri 2 Sinjai Barat sebelum diberi perlakuan berupa motivational interviewing berada pada kategori rendah dan sesudah diberikan perlakuan berupa motivational interviewing berada pada kategori sedang. 3) Teknik motivational interviewing dapat meningkatkan motivasi berkonsultasi siswa secara signifikan di SMA Negeri 2 Sinjai Barat. Kata Kunci: Teknik Motivational Interviewing,Motivasi Berkonsultasi
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 28 Oct 2022 06:30 |
Last Modified: | 28 Oct 2022 06:30 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25116 |
Actions (login required)
View Item |