PENERAPAN TEKNIK CONFRONTATION UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SMA NEGERI 15 MAKASSAR

Nur Afni (2022) PENERAPAN TEKNIK CONFRONTATION UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SMA NEGERI 15 MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL LENGKAP 200722.doc

Download (180kB)
[img] Text
bab I.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (46kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (43kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (23kB)
[img] Text
00. LAMPIRAN.docx

Download (10kB)
[img] Spreadsheet
01. a. Tabulasi pra lapangan.xlsx

Download (23kB)
[img] Text
02. Skenario Pelaksanaan.docx

Download (30kB)
[img] Text
03. Pedoman Observasi.docx

Download (30kB)
[img] Text
04 dan 05 Kisi-kisi dan Skala sebelum.docx

Download (25kB)
[img] Spreadsheet
06. Tabulasi Uji lapangan.xlsx

Download (14kB)
[img] Text
07 dan 08. uji valid dan relia.docx

Download (25kB)
[img] Text
DOKUMENTASI PENELITIAN.docx

Download (1MB)
[img] Text
24. Riwayat hidup.docx

Download (43kB)

Abstract

Nur Afni, 2018. Skripsi. Penerapan teknik Confrontation untuk meningkatkan kepercayaan diri Siswa di SMA Negeri 15 Makassar. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. M. Arifin Ahmad, M. A dan Dr. Abdul Saman, M. Si. Kons. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya kepercayaan diri siswa. Adapun rumusan masalahnya adalah 1) Bagaimanakah gambaran tingkat kepercayaan diri siswa di SMA Negeri 15 Makassar? 2) Bagaimanakah gambaran penerapan teknik confrontation di SMA Negeri 15 Makassar? 3) Apakah penerapan teknik confrontation dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMA Negeri 15 Makassar?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Gambaran tingkat kepercayaan diri siswa yang dapat di SMA Negeri 15 Makassar. 2) Gambaran penerapan teknik confrontation di SMA Negeri 15 Makassar. 3) Penerapan teknik confrontation dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMA Negeri 15 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model Pre-Eksperimental. Desain Eksperimen yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X sebanyak 83 siswa dan sampel penelitian sebesar 12 siswa yang ditentukan dengan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan instrument skala kepercayaan diri siswa dan pedoman observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis non parametrik, yaitu uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat kepercayaan diri siswa di SMA Negeri 15 Makassar sebelum diberi perlakuan berupa confrontation berada pada kategori rendah dan setelah diberikan perlakuan berupa confrontation berada pada kategori sedang. 2) Penerapan teknik confrontation terdiri atas enam tahap yaitu rational treatment, mendengarkan untuk menemukan dikrepansi, merangkum dan mengklarifikasi, mengonfrontasikan secara empatik, mengamati dan mengevaluai dan evaluasi. Pada setiap tahapan kegiatan confrotation, tingkat partisipasi siswa yang berada pada kategori sangat tinggi. 3) Teknik confrontation dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa secara signifikan di SMA Negeri 15 Makassar. Kata Kunci: Teknik Confrontation, Kepercayaan diri

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Oct 2022 06:22
Last Modified: 28 Oct 2022 06:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25115

Actions (login required)

View Item View Item