PENERAPAN TEKNIK REFRAMING UNTUK MENURUNKAN KECENDERUNGAN WITHDRAWAL SISWA DI SMA NEGERI 1 BULUKUMBA

RISKIKA HIDAYANTI (2022) PENERAPAN TEKNIK REFRAMING UNTUK MENURUNKAN KECENDERUNGAN WITHDRAWAL SISWA DI SMA NEGERI 1 BULUKUMBA.

[img] Text
SAMPUL DEPAN.docx

Download (41kB)
[img] Text
SAMPUL LENGKAP.docx

Download (60kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (20kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (42kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (43kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (18kB)
[img] Text
01. Rencana pelaksanaan.docx

Download (20kB)
[img] Text
02. Skenario Kegiatan.docx

Download (24kB)
[img] Text
03. RPBK 1.docx

Download (24kB)
[img] Text
04. RPBK 2.docx

Download (23kB)
[img] Text
05. RPBK 3.docx

Download (21kB)
[img] Text
06. RPBK 4.docx

Download (20kB)
[img] Text
07. RPBK 5.docx

Download (20kB)
[img] Text
08. RPBK 6.docx

Download (21kB)
[img] Text
19. Dokumentasi Penelitian.docx

Download (4MB)
[img] Text
20. RIWAYAT HIDUP.docx

Download (36kB)

Abstract

Riskika Hidayanti, 2018. Skripsi. Penerapan Teknik Reframing Untuk Menurunkan Kecenderungan Withdrawal Siswa Di SMA Negeri 1 Bulukumba. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Alimuddin Mahmud, M. Pd dan Dr. Abdul Saman, M.Si, Kons. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu tingginya kecenderungan menarik diri (Withdrawal) siswa. Rumusan masalah penelitian adalah 1) Bagaimanakah kecenderungan menarik diri (withdrawal) siswa di SMA Negeri 1 Bulukumba? 2) Bagaimanakah pelaksanaan teknik reframing di SMA Negeri 1 Bulukumba? 3) Apakah teknik reframing dapat menurunkan kecenderungan menarik diri (withdrawal) siswa di SMA Negeri 1 Bulukumba?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model Pre-Eksperimental. Desain Eksperimen yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah sebanyak 42 siswa dan sampel penelitian sebesar 6 siswa yang ditentukan dengan teknik simpel radom sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan instrument skala menarik diri (withdrawal) siswa. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis non parametrik, yaitu uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat kecenderungan menarik diri (withdrawal) di SMA Negeri 1 Bulukumba sebelum diberi perlakuan berupa teknik reframing berada pada kategori tinggi dan sesudah diberikan perlakuan berupa teknik reframing berada pada kategori sedang. 2) Teknik reframing selama kegiatan tersebut berlangsung siswa tertarik untuk mengetahui pentingnya reframing sehingga siswa berpartisipasi dengan baik dalam kegiatan ini. 3) Teknik reframing dapat menurunkan kecenderungan menarik diri (withdrawal) di SMA Negeri 1 Bulukumba

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Oct 2022 06:12
Last Modified: 28 Oct 2022 06:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25113

Actions (login required)

View Item View Item