PENERAPAN TEKNIK REFRAMING UNTUK MENGURANGI KECANDUAN BERMAIN HANDPHONE SISWA DI SMP NEGERI 1 BINAMU KABUPATEN JENEPONTO

MUH. JOKO PURWANTO (2022) PENERAPAN TEKNIK REFRAMING UNTUK MENGURANGI KECANDUAN BERMAIN HANDPHONE SISWA DI SMP NEGERI 1 BINAMU KABUPATEN JENEPONTO.

[img] Text
SAMPUL AWAL.docx

Download (35kB)
[img] Text
SAMPIRAN JOKO.docx

Download (52kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (48kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (46kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (21kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1 jadwal.docx

Download (35kB)
[img] Text
LAMPIRAN 2 skenario.docx

Download (24kB)
[img] Text
Lampiran 3 n 4 sebelum validasi.docx

Download (30kB)
[img] Text
Lampiran 5 dan 6 angket sesudah valid.docx

Download (30kB)
[img] Spreadsheet
Lampiran 7 skor angket.xlsx

Download (15kB)
[img] Text
Lampiran 8 Hasil analisis Uji lapangan.docx

Download (27kB)
[img] Text
LAMPIRAN dokumentasi.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (48kB)

Abstract

Muh. Joko Purwanto, 2018. Penerapan Teknik Reframing untuk Mengurangi Kecanduan Bermain Handphone Siswa di SMP Negeri 1 Binamu. Skripsi Dibimbing oleh Dr. Abdullah Sinring, M.Pd dan Drs. Muhammad Anas, M.Si. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Penerapan Teknik Reframing untuk Mengurangi Kecanduan Bermain Handphone Siswa di SMP Negeri 1 Binamu. Masalah dalam penelitian ini yaitu:1. Bagaimana gambaran pelaksanaan teknik reframing dalam mengurangi kecanduan bermain handphone pada siswa di SMP Negeri 1 Binamu Kabupaten Jeneponto? 2. Bagaimana gambaran kecanduan bermain handphone pada siswa sebelum dan sesudah diberikan teknik reframing di SMP Negeri 1 Binamu Kabupaten Jeneponto?,, 3. Apakah penerapan teknik reframing dapat mengurangi kecanduan bermain handphone pada siswa di SMP Negeri 1 Binamu Kabupaten Jeneponto?. Tujuan dari penelitian yaitu: 1. Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan teknik reframing pada siswa di SMP Negeri 1 Binamu Kabupaten Jeneponto. 2. Untuk mengetahui gambaran kecanduan bermain handphone pada Siswa di SMP Negeri 1 Binamu Kabupaten Jeneponto. 3. Untuk mengetahui apakah penerapan teknik reframing dapat mengurangi kecanduan bermain handphone pada siswa di SMP Negeri 1 Binamu Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model Pre-Experimental Desaign, desain eksperimen yang digunakan adalah One-Group Pretest—Posttest Design terhadap 12 sampel penelitian yang merupakan siswa SMA SMP Negeri 1 Binamu, yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan skala dan observasi. Analisis data menggunakan analisisstatistik deskriptif dan statistik inferensial untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Mengurangi Kecanduan Bermain Handphone Siswa di SMP Negeri 1 Binamu sebelum diterapkan teknik reframing berada pada kategori “tinggi” dan setelah diterapkan teknik reframing berada pada kategori “rendah”,2. Gambaran penerapan teknik reframing untuk Mengurangi Kecanduan Bermain Handphone Siswa di SMP Negeri 1 Binamu dilaksanakan dengan 4 kali tahapan kegiatan penelitian yakni, Rasionalisasi, Identifikasi presepsi, mengurangi dan identifikasi persepsi alternatif, modifikasi, pekerjaan rumah dan tindak lanjut. 3. Penerapan teknik reframing secara signifikan dapat Mengurangi Kecanduan Bermain Handphone Siswa di SMP Negeri 1 Binamu.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Oct 2022 05:57
Last Modified: 28 Oct 2022 05:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25111

Actions (login required)

View Item View Item