NUR ASKY MARSUKI (2022) PENERAPAN TEKNIK SELF TALK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DALAM BERSOSIALISASI DI MAN PINRANG.
Text
1. SAMPUL..docx Download (44kB) |
|
Text
persetujuan pembimbing lulus.pdf Download (2MB) |
|
Text
pengesahan ujian skripsi.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (16kB) |
|
Text
2.MOTTO.docx Download (15kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.docx Download (22kB) |
|
Text
6. PRAKATA.docx Download (22kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (29kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (39kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (74kB) |
|
Text
BAB III 2007.doc Download (148kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (23kB) |
|
Text
1.Rencana Pelaksanaan.docx Download (26kB) |
|
Text
2.Skenario Kegiatan.docx Download (28kB) |
|
Text
3 dan 4 skala kepercayaan diri sebelum.doc Download (88kB) |
|
Spreadsheet
06. Data Ujicoba Lapangan.xlsx Download (12kB) |
|
Text
07 dan 08 Uji Validitas.docx Download (25kB) |
|
Text
24. DOKUMENTASI PENELITIAN.docx Download (1MB) |
|
Text
25. RIWAYAT HIDUP.docx Download (38kB) |
Abstract
Nur Asky Marsuki, 2018. Penerapan Teknik Self Talk untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri dalam Bersosialisasi di MAN Pinrang. Skripsi. Dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. H. Alimuddin Mahmud, M.Pd dan Bapak Drs. Muhammad Anas, M.Si. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini meneliti rendahnya kepercayaan diri dalam bersosialisasi. Rumusan masalah penelitian ini yaitu 1) Bagaimana gambaran kepercayaan diri dalam bersosialisasi siswa di MAN Pinrang? 2) Bagaimana gambaran pelaksanaan teknik self talk di MAN Pinrang? 3) Apakah teknik self talk dapat meningkatkan kepercayaan diri dalam bersosialisasi siswa di MAN Pinrang?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Gambaran kepercayaan diri dalam bersosialisasi siswa di MAN Pinrang. 2) Gambaran pelaksanaan teknik self talk di MAN Pinrang. 3) Teknik self talk dapat meningkatkan kepercayaan diri dalam bersosialisasi siswa di MAN Pinrang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model Quasy Eksperimental. Desain Eksperimen yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 85 siswa dan sampel penelitian ini adalah sebanyak 20 siswa, yang ditentukan dengan teknik proporsional random sampling kemudian dibagi menjadi dua kelompok penelitian. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen skala kepercayaan diri dalam bersosialisasi dan pedoman observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis parametrik, yaitu uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Tingkat kepercayaan diri siswa dalam bersosialisasi pada saat pretest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berada pada kategori rendah. Hasil Posttest menunjukan hasil yang berbeda ketika perlakuan diberikan pada kelompok eksperimen dimana kepercayaan diri siswa dalam bersosialisasi berada pada kategori tinggi sedangkan kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan masih tetap berada pada kategori rendah. 2) Pelaksanaan teknik self talk dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang sudah dirancang melalui lima kali pertemuan yaitu mengidentifikasi self talk negatif, kontradiksi pikiran, membuat pernyataan diri dan menetapkan self talk positif, dan melakukan monitoring diri. Pada saat pelaksanaan teknik self talk, partisipasi siswa berada pada kategori tinggi. 3) Penerapan teknik self talk dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam bersosialisasi di MAN Pinrang.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 28 Oct 2022 05:33 |
Last Modified: | 28 Oct 2022 05:33 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25107 |
Actions (login required)
View Item |