PENERAPAN TEKNIK SELF TALK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DALAM BERSOSIALISASI DI MAN PINRANG

NUR ASKY MARSUKI (2022) PENERAPAN TEKNIK SELF TALK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DALAM BERSOSIALISASI DI MAN PINRANG.

[img] Text
1. SAMPUL..docx

Download (44kB)
[img] Text
persetujuan pembimbing lulus.pdf

Download (2MB)
[img] Text
pengesahan ujian skripsi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (16kB)
[img] Text
2.MOTTO.docx

Download (15kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.docx

Download (22kB)
[img] Text
6. PRAKATA.docx

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (39kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (74kB)
[img] Text
BAB III 2007.doc

Download (148kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (23kB)
[img] Text
1.Rencana Pelaksanaan.docx

Download (26kB)
[img] Text
2.Skenario Kegiatan.docx

Download (28kB)
[img] Text
3 dan 4 skala kepercayaan diri sebelum.doc

Download (88kB)
[img] Spreadsheet
06. Data Ujicoba Lapangan.xlsx

Download (12kB)
[img] Text
07 dan 08 Uji Validitas.docx

Download (25kB)
[img] Text
24. DOKUMENTASI PENELITIAN.docx

Download (1MB)
[img] Text
25. RIWAYAT HIDUP.docx

Download (38kB)

Abstract

Nur Asky Marsuki, 2018. Penerapan Teknik Self Talk untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri dalam Bersosialisasi di MAN Pinrang. Skripsi. Dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. H. Alimuddin Mahmud, M.Pd dan Bapak Drs. Muhammad Anas, M.Si. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini meneliti rendahnya kepercayaan diri dalam bersosialisasi. Rumusan masalah penelitian ini yaitu 1) Bagaimana gambaran kepercayaan diri dalam bersosialisasi siswa di MAN Pinrang? 2) Bagaimana gambaran pelaksanaan teknik self talk di MAN Pinrang? 3) Apakah teknik self talk dapat meningkatkan kepercayaan diri dalam bersosialisasi siswa di MAN Pinrang?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Gambaran kepercayaan diri dalam bersosialisasi siswa di MAN Pinrang. 2) Gambaran pelaksanaan teknik self talk di MAN Pinrang. 3) Teknik self talk dapat meningkatkan kepercayaan diri dalam bersosialisasi siswa di MAN Pinrang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model Quasy Eksperimental. Desain Eksperimen yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 85 siswa dan sampel penelitian ini adalah sebanyak 20 siswa, yang ditentukan dengan teknik proporsional random sampling kemudian dibagi menjadi dua kelompok penelitian. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen skala kepercayaan diri dalam bersosialisasi dan pedoman observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis parametrik, yaitu uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Tingkat kepercayaan diri siswa dalam bersosialisasi pada saat pretest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berada pada kategori rendah. Hasil Posttest menunjukan hasil yang berbeda ketika perlakuan diberikan pada kelompok eksperimen dimana kepercayaan diri siswa dalam bersosialisasi berada pada kategori tinggi sedangkan kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan masih tetap berada pada kategori rendah. 2) Pelaksanaan teknik self talk dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang sudah dirancang melalui lima kali pertemuan yaitu mengidentifikasi self talk negatif, kontradiksi pikiran, membuat pernyataan diri dan menetapkan self talk positif, dan melakukan monitoring diri. Pada saat pelaksanaan teknik self talk, partisipasi siswa berada pada kategori tinggi. 3) Penerapan teknik self talk dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam bersosialisasi di MAN Pinrang.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Oct 2022 05:33
Last Modified: 28 Oct 2022 05:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25107

Actions (login required)

View Item View Item