PENERAPAN TEKNIK DEEP BREATHING UNTUK MENGURANGI KECEMASAN SISWA BERBICARA DI DEPAN UMUM DI SMA NEGERI 15 MAKASSAR KOTA MAKASSAR

HILDAYANTI HASAN (2022) PENERAPAN TEKNIK DEEP BREATHING UNTUK MENGURANGI KECEMASAN SISWA BERBICARA DI DEPAN UMUM DI SMA NEGERI 15 MAKASSAR KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL LENGKAP.doc

Download (192kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (65kB)
[img] Text
bab III.docx

Download (42kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (21kB)
[img] Spreadsheet
01. a. Tabulasi pra lapangan.xlsx

Download (22kB)
[img] Text
03. Skenario Pelaksanaan.docx

Download (26kB)
[img] Text
04 dan 05 kisi-kisi dan skala sebelum.docx

Download (28kB)
[img] Text
02. RPL.docx

Download (18kB)
[img] Text
02. RPL.docx

Download (18kB)
[img] Text
03. Skenario Pelaksanaan.docx

Download (26kB)
[img] Text
04 dan 05 kisi-kisi dan skala sebelum.docx

Download (28kB)
[img] Spreadsheet
06. tabulasi uji coba lapangan.xlsx

Download (17kB)
[img] Text
07 dan 08 uji valid dan relia.docx

Download (21kB)
[img] Spreadsheet
06. tabulasi uji coba lapangan.xlsx

Download (17kB)
[img] Text
07 dan 08 uji valid dan relia.docx

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx

Download (40kB)

Abstract

Hidayanti Hasan, 2018. Penerapan Teknik Deep Breathing Untuk Mengurangi Kecemasan Siswa Berbicara Di Depan Umum Di SMA Negeri 15 Makassar. Dibimbing oleh DR. Abdul Saman, M. Si., Kons dan Prof. Dr. H. Alimuddin Mahmud, M. Pd Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu tingginya tingkat kecemasan siswa berbicara di depan umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Gambaran tingkat kecemasan siswa berbicara di depan umum. 2) Gambaran penerapan teknik Deep Breathing. 3) Ada perbedaan kecemasan siswa berbicara di depan umum sebelum dan sesudah penerapan teknik Deep Breathing di SMA Negeri 15 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model Quasi experimental design. Desain Eksperimen yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X sebanyak 83 siswa dan sampel penelitian sebesar 20 siswa yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 10 siswa. Penarikan sampel dengan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan instrument skala kecemasan berbicara di depan umum dan pedoman observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis parametrik, yaitu uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat kecemasan berbicara siswa di depan kelas di SMA Negeri 15 Makassar berada pada kategori rendah. 2) Pelaksanaan konseling Gestalt dengan teknik deep breathing dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang sudah dirancang melalui empat kali pertemuan yaitu pemberian informasi (rational treatment), pelaksanaan deep breathing, latihan dan homework assignment dan evaluasi. Pada saat pelaksanaan teknik deep breathing, partisipasi siswa berada pada kategori tinggi. 3) Ada perbedaan kecemasan berbicara siswa di depan umum pada kelompok yang diberikan perlakuan dan pada kelompok yang tidak diberikan perlakuan berupa teknik deep breathing. Artinya, penerapan teknik deep breathing dapat mengurangi kecemasan berbicara siswa di depan kelas di SMA Negeri 15 Makassar. Kata Kunci: Teknik Deep Breathing, Kecemasan Berbicara Siswa di Depan Umum

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Oct 2022 03:15
Last Modified: 28 Oct 2022 03:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25105

Actions (login required)

View Item View Item