SULMAIDA (2022) PENERAPAN TEKNIK SELF REGULATED LEARNING MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 LUWU KABUPATEN LUWU.
Text
SAMPUL.doc Download (120kB) |
|
Text
HALAMAN DEPAN.doc Download (247kB) |
|
Text
1 BAB I maidaa.docx Download (35kB) |
|
Text
2 BAB II maidaa.docx Download (64kB) |
|
Text
3 BAB III maidaa.docx Download (54kB) |
|
Text
6 DAFTAR PUSTAKA.docx Download (27kB) |
|
Text
1 Jadwal Pelaksanaan.docx Download (19kB) |
|
Text
2 RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN.docx Download (36kB) |
|
Text
3 SKENARIO PENELITIAN.docx Download (33kB) |
|
Text
4 KISI-KISI DB SBL.docx Download (20kB) |
|
Text
5 SKALA DB SBL.docx Download (23kB) |
|
Text
6 SKOR UJI COBA LAPANGAN.docx Download (39kB) |
|
Text
24 DOKUMENTASI.docx Download (2MB) |
|
Text
25 Riwayat Hidup.docx Download (41kB) |
Abstract
SULMAIDA, 2018. Penerapan Teknik Self Regulated Learning melalui Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa di SMA Negeri 2 Luwu. Dibimbing oleh Drs. Muhammad Anas, M.Si dan Dr. Abdullah Pandang, M.Pd. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya tingkat disiplin belajar siswa di SMA Negeri 2 Luwu. Adapun rumusan masalahnya adalah 1) Bagaimana gambaran tingkat disiplin belajar siswa di SMA Negeri 2 Luwu? 2) Bagaimana gambaran pelaksanaan teknik self regulated learning melalui bimbingan kelompok terhadap peningkatan disiplin belajar siswa di SMA Negeri 2 Luwu? 3) Apakah penerapan teknik self regulated learning dapat meningkatkan disiplin belajar siswa di SMA Negeri 2 Luwu?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Gambaran tingkat disiplin belajar siswa di SMA Negeri 2 Luwu 2) Gambaran pelaksanaan teknik self regulated learning melalui bimbingan kelompok terhadap peningkatan disiplin belajar siswa di SMA Negeri 2 Luwu 3) Apakah penerapan self regulated learning dapat meningkatkan disiplin belajar siswa di SMA Negeri 2 Luwu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model quasi experimental design. Desain eksperimen yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI sebanyak 54 siswa dan sampel penelitian sebesar 20 siswa yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 10 siswa. Penarikan sampel dengan teknik two stage sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen skala perilaku disiplin belajar dan pedoman observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis parametrik, yaitu uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat disiplin belajar siswa di SMA Negeri 2 Luwu Kabupaten Luwu sebelum dan sesudah diterapkan teknik self regulated learning menunjukan hasil yang berbeda. Berdasarkan hasil pretest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berada pada kategori rendah. Hasil Posttest menunjukan hasil yang berbeda karena perlakuan diberikan pada kelompok eksperimen dimana kecenderungan disiplin belajar siswa berada pada kategori tinggi, sedangkan kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan masih tetap berada pada kategori rendah. 2) Pelaksanaan teknik self regulated learning dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang sudah dirancang melalui 6 kali pertemuan. Pada saat pelaksanaan teknik self regulated learning, partisipasi siswa berada pada kategori sangat tinggi. 3) Penerapan teknik self regulated learning dapat meningkatkan disiplin belajar siswa di SMA Negeri 2 Luwu Kabupaten Luwu.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 28 Oct 2022 03:08 |
Last Modified: | 28 Oct 2022 03:08 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25104 |
Actions (login required)
View Item |