DILIANA EKA ASTUTI (2022) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIKROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 8 MODEL BULUKUMBA.
Text
0000. SAMPUL LENGKAP.docx Download (64kB) |
|
Text
000. BAB I halaman 5&6 rangkap 4.docx Download (26kB) |
|
Text
000. BAB II halaman 29 rngkap 4.docx Download (53kB) |
|
Text
000. BAB III halaman 34,36, rangkap 5.docx Download (38kB) |
|
Text
000. DAFTAR PUSTAKA.docx Download (25kB) |
|
Text
03. Kisi-kisi Skala Kuesioner Sebelum.docx Download (18kB) |
|
Text
01. Rencana Pelaksanaan Kegiatan.docx Download (24kB) |
|
Text
02. Skenario Pelaksanaan Kegiatan.docx Download (25kB) |
|
Text
04. Kuesioner Sebelum.docx Download (19kB) |
|
Spreadsheet
05. tabulasi ujicoba lapangan.xlsx Download (13kB) |
|
Text
21.DOKUMENTASI PENELITIAN DINA.docx Download (3MB) |
|
Text
22. RIWAYAT HIDUP.docx Download (60kB) |
Abstract
Diliana Eka Astuti, 2018. Skripsi. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan teknik Role Playing untuk Meningkatkan Komunikasi Antarpribadi Peserta Didik Di SMA Negeri 8 Model Bulukumba. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Muhammad Arifin Ahmad, M.A dan Drs. Muhammad Anas, M.Si. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya komunikasi antarpribadi siswa. Adapun rumusan masalahnya adalah 1) Bagaimana gambaran kemampuan komunikasi antar pribadi peserta didik di kelas XI SMA Negeri 8 Model Bulukumba? 2) Bagaimana gambaran pelaksanaan teknik role playing di kelas XI SMA Negeri 8 Model Bulukumba? 3) Apakah ada pengaruh teknik role playing untuk meningkatkan kemampuan komunikasi antarpribadi peserta didik di kelas XI SMA Negeri 8 Model Bulukumba?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Gambaran kemampuan komunikasi antar pribadi peserta didik di kelas XI SMA Negeri 8 Model Bulukumba. 2) Gambaran pelaksanaan teknik role playing di kelas XI SMA Negeri 8 Model Bulukumba. 3) Pengaruh teknik role playing untuk meningkatkan kemampuan komunikasi antarpribadi peserta didik di kelas XI SMA Negeri 8 Model Bulukumba. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model Pre-Eksperimental. Desain Eksperimen yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI sebanyak 76 peserta didik dan sampel penelitian sebesar 12 peserta didik yang ditentukan dengan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan instrument skala komunikasi antarpribadi peserta didik. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis non parametrik, yaitu uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat kemampuan komunikasi antarpribadi peserta didik kelas XI di SMA Negeri 8 Model Bulukumba 2) Layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik role playing yang terdiri terdiri atas 5 tahap yaitu rational treatment, pemanasan, memilih partisipan, mengatur setting, menyiapkan pengamat, memainkan adegan role playing I, memainkan adegan role playing II, dan evaluasi. Selama kegiatan tersebut berlangsung siswa tertarik untuk mengetahui pentingnya role play sehingga siswa berpartisipasi dengan baik dalam kegiatan ini. 3) Layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik role playing dapat meningkatkan kemampuan komunikasi antarpribadi peserta didik di SMA Negeri 8 Model Makassar Kata Kunci : Teknik Role Playing, Kemampuan Komunikasi Antarpribadi
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 28 Oct 2022 03:01 |
Last Modified: | 28 Oct 2022 03:01 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25103 |
Actions (login required)
View Item |